Bermula Dari Hobi, Produk Rajutan Warga Tuban Ini Diekspor Sampai ke Qatar

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Dalam menekuni sebuah usaha, biasanya masyarakat seringkali mengawalinya dengan hobi yang disenanginya. Seperti halnya yang saat ini sedang dijalani oleh Nur Chamidah, warga Desa Bogorejo, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban yang kini sukses dengan usaha merajut. 

Bermula dari hobi dan mengisi waktu luangnya, Midah sapaan akrabnya, kemudian bertekad untuk menyulap lembaran benang tersebut sebagai produk yang bernilai jual tinggi, sejak tahun 2014 silam. 

"Pertama awalnya dari hobi, kemudian berkarya untuk diri sendiri dengan membuat baju, tas dan kemudian sepatu," ujarnya kepada blokTuban.com, Selasa (6/12/2022) saat ditemui di rumah produksinya. 

Bakat tangan kreatif yang dimiliki ibu dari tiga orang anak ini, diperolehnya dari melihat tutorial merajut di media sosial, kemudian berlanjut dengan mengikuti workshop merajut. Seiring dengan pengetahun yang didapatkannya tersebut, lambat laun ia mulai profesional dan mendapatkan pesanan produk rajut. 

Berawal dari kolega dan teman yang memesannya, kini produk rajutan yang diberi nama MaFAZ Craft itu sudah dikenal oleh masyarakat luas. Tidak hanya di Kabupaten Tuban saja, bahkan saat ini pesanannya sudah terbang hingga ke negera di Timur Tengah yaitu Qatar. 

"Setelah profesional saya mendapatkan pesanan dari teman awalnya, kemudian akhirnya saya merambah ke online yaitu di Facebook dan Instagram. Untuk produk MaFAZ walaupun tidak banyak tapi sudah sampai ke Qatar, itu mereka pesannya lewat Facebook," paparnya. 

Selain itu, produknya tersebut juga sudah dipasarkan di Bandung, Bali, Korea, Jepang, Australia hingga Dubai. Harga yang ditawarkan juga bervariatif, mulai dari puluhan, ratusan ribu, hingga jutaan rupiah, tergantung model dan bahan yang digunakan. 

Dalam menekuni usaha ini sendiri, Midah masih terkendala di pemasaran karena belum dapat maksimal dalam mempromosikan dagangannya. Dengan demikian, perempuan ramah ini berharap agar ke depannya, usaha yang dirintisnya selama kurang lebih 8 tahun ini, bisa lebih banyak dikenal lagi oleh masyarakat. Bagi yang ingin membeli dan melihat produk buatan Midah, maka dapat membelinya melalui akun Instagram miliknya @chamida_mafaz.  [Sav/Dwi]

 

 

Temukan konten berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS