Gelar Pasar Murah, Karta Heppiii Community Tuban Borong Sembako dari Warung Kecil

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Sejumlah pemuda yang tergabung dalam Karang Taruna (Karta) Tri Tunggal Jaya di Desa Klumpit telah menggelar pasar Heppiii di Desa Klumpit, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban. Kegiatan yang dilakukan Karta yang merupakan Heppiii Comumunity ini bertujuan membantu perekonomian warga setempat.

Koordinator Heppii Community Tuban, Moh Afif Amrullah mengatakan kegiatan ini diwujudkan dengan membeli sembako berupa beras, minyak goreng, gula, mie instan, kopi dan tambahan berupa sabun pencuci piring di warung-warung kecil milik warga sekitar.  

Warung yang terlibat dalam upaya membantu perekonomian warga ini, ujar Afif  ada 11 warung kecil dan 2 agen sebagai tempat pembelian bahan sembako.

“Jadi untuk pengadaan sembako ini, teman-teman karta memang memprioritaskan warung-warung kecil. Bahkan kalau mereka kehabisan modal atau kehabisan stok, teman-teman karta meminjami uang lebih dulu untuk modal mereka. Hal ini dilakukan karena semata-mata ingin membantu dan memberikan impact positif bagi warung-warung tersebut,” ungkap Afif, Rabu (23/11/2022).

Diketahui dalam kegiatan Pasar Heppiii ini, terdapat 1.000 paket sembako yang dibagikan. Pembagian paket sembako ini dengan mekanisme warga menukarkan kupon dengan paket sembako. Sebeluumnya kupon tersebut dibeli dengan harga murah.

“Paket sembako ini berisi beras, minyak goreng, gula, dan mie instan. Warga boleh memilih salah satu paket yang masing-masing isinya ditambahkan dengan kopi. Selain paket utama tersebut, ada juga tambahan berupa sabun pencuci piring,” imbuh Afif.

Informasi yang diterima blokTuban, warga sangat antusias mengikuti kegiatan Pasar Heppiii ini. Mereka senang bisa mendapatkan paket sembako dengan harga yang sangat terjangkau.

“Tanggapan warga sangat positif. Mereka senang dengan adanya Pasar Heppiii. Mereka juga merasa diperhatikan karena mendapatkan jatah paket sembako murah,” tuturnya.

Pasar Heppiii sendiri menjangkau puluhan desa di berbagai kabupaten/kota di Jawa Timur. Diantaranya Probolinggo, Mojokerto, Situbondo, Jombang, Ponorogo, Banyuwangi, Madiun, Pasuruan, Bojonegoro, Sidoarjo, Tuban, dan Jember.

Program ini merupakan rangkaian dari sejumlah kegiatan yang digelar Karta Heppiii Community sepanjang tahun 2022. Sebelumnya, karta juga sukses menyelenggarakan Ramadan Heppiii, Pasar Heppiii Jilid I, dan Merdeka Heppiii. [dwi]