Piala Dunia 2022: Ekuador Kalahkan Qatar 2-0

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022, Timnas Qatar terseok-seok menghadapi permainan gesit dari Timnas Ekuador pada pertandingan pembuka Grup A Piala Dunia 2022 di Stadion Al Bayt, Al Khor, Doha, Minggu (20/11/2022) malam WIB.

Timnas Ekuador membobol gawang Qatar 2-0 tanpa balas hingga pertandingan berakhir. Tim Ekuador di bawah asuhan Gustavo Alfaro itu juga tidak memberi kesempatan Qatar melakukan tembakan terarah sebagaimana statistik di laman resmi FIFA.

Dua gol Ekuador dalam laga ini dicetak striker Enner Valencia. Dia mencetak brace lewat tembakkan penalti pada menit ke-15 dan sundulan apik pada menit ke-31.

Hasil ini membuat Ekuador untuk sementara memuncaki klasemen Grup A Piala Dunia 2022 dengan koleksi tiga poin dari satu lag. Sementara itu, Qatar terbenam di dasar klasemen.

Hanya butuh 12 menit kemudian untuk Ekuador benar-benar mencetak gol pembuka di laga ini. Enner Valencia mencatatkan namanya setlah sukses mengonversi tendangan penalti.

Ekuador mendapat penalti setelah Valencia yang menggiring bola di dalam kotak terlarang, dijegal oleh kiper Saad Al Sheeb. Dari tayangan ulang, tangan penjaga gawang menahan kaki sang striker tanpa menyentuh bola.

La Tri hampir menggandakan keunggulan pada menit ke-20. Pervis Estupinan mengirim umpan lambung dari sisi kiri sebelum disambut sundulan Michael Estrada yang sayangnya masih melambung di muka gawang.

Di babak kedua, Ekuador mendapat peluang emas pada menit ke-55. Michael Estrada mendapat kesempatan untuk menembak di luar kotak penalti tetapi sepakannya masih bisa ditepis kiper Al Sheeb.

Usai pertandingan, pelatih Ekuador Gustavo Alfaro mengakui bahwa skuatnya bisa melewati tekanan dengan mengamankan tiga poin.

"Itu adalah kemenangan besar. Seperti biasa pertandingan pertama Piala Dunia Anda merasakan lebih banyak tekanan dan ketegangan. Kami sadar kami akan merasakannya. Kami adalah tim termuda di Piala Dunia ini," kata Gustavo Alfaro seperri dikutip Sky Sport.

Berbekal hasil ini, skuad asuhan Gustavo Alfaro menduduki puncak klasemen Grup A Piala Dunia 2022 dengan koleksi tiga poin. Pada pertandingan selanjutnya Ekuador akan menghadapi Belanda.

Sementara itu, Pelatih Qatar Felix Sanchez mengatakan  timnya "merasa didukung" meskipun ribuan penonton meninggalkan stadion lebih awal saat tuan rumah Piala Dunia itu kalah 0-2 melawan Ekuador di pertandingan pembukaan pada Minggu.

"Kami minta maaf tak bisa menjadi bagian dari pesta, tetapi kami tahu skenario ini bisa terjadi. Kami akan berusaha belajar," ujarnya.

Qatar selanjutnya menghadapi Senegal dalam laga Grup A berikutnya Jumat mendatang. 

 

Berikut ini susunan Timnas Qatar dan Ekuador. 

QATAR (3-4-3): Saad Al Sheeb; Abdelkarim Hassan, Boualem Khoukhi, Bassam Al Rawi; Homam Ahmed, Abdulaziz Hatem, Karim Boudiaf, Pedro Miguel; Akram Afif, Almoez Ali (Mohammed Muntari, 72'), Hassan Al Haydos (Mohammed Waad, 71').

EKUADOR (4-4-2): Hernan Galindez; Angelo Preciado, Piero Hincapie, Felix Torres, Pervis Estupinan; Romario Ibarra (Jeremy Sarmiento, 69'), Moises Caicedo (Alan Franco, 90'), Jhegson Méndez, Gonzalo Plata; Michael Estrada (Kevin Rodriguez, 89'), Enner Valencia (Jose Cifuentas, 78'). (*)

 

Sumber: Suara.com jejaring media blokTuban.com

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS