Wajib Tahu! Kripik Daun Jati Produksi IRT di Tuban ini Ternyata Bagus untuk Kulit

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Tectona Grandis atau yang memiliki nama lain pohon jati, merupakan tanaman yang banyak tumbuh di daerah tropis, seperti halnya di Indonesia. Keberadaan kayunya yang dapat dimanfaatkan sebagai furniture rumah, membuat pohon ini banyak digandurungi oleh masyarakat.

Namun begitu, daun yang dihasilkan dari pohon ini sering diabaikan oleh masyarakat, bahkan di buang begitu saja. Padahal, khasiat dari daun berukuran lebar ini memiliki berbagai khasiat bagi kesehatan tubuh.

Hal tersebut, disampaikan oleh Ivon Meyrinda, pengusaha Keripik Daun Jati yang berada di Desa Kowang, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban. Menurutnya, produk buatannya tersebut mengandung segudang manfaat, lantaran berbahan utama dauh jati.

“Keripik daun jati ini memiliki banyak manfaat, karena berbahan utama daun jati. Seperti halnya bagus untuk pencernaan dan bagus juga untuk perawatan kulit,” ungkapnya kepada blokTuban.com, Jumat (18/11/2022).

Selain bagus untuk pencernaan, khasiat lain yang dihasilkan dari daun jati ini sendiri yaitu dapat membantu mengurangi gejala asma, membantu mengobati cacingan,  kaya akan antioksidan, hingga mempercepat penyembuhan luka.

Disamping itu, manfaatn lainnya adalah merangsang pertumbuhan rambut, anti jamur, agen laksatif, dan juga melawan bakteri-bakteri pada tubuh penyebab penyakit.

“Kebetulan di kemasan kami juga tertera informasi gizinya, kerupuk daun jati kami juga bisa untuk menyembuhkan diabet, penyakit kepala pusing dan lain-lain,” sambungnya.

Dengan berbagai manfaat yang ada dalam produknya tersebut, ibu dari dua orang anak ini berharap agar ke depannya usaha yng dirintisnya sejak du tahun yang lalu, bisa lebih berkembang dari sebelumnya.

Untuk diketahui, Keripik Daun Jati yang diproduksi oleh perempuan 25 tahun ini, dibandrol dengan harga yang ramah di kantong, yaitu Rp10 ribu per kemasan dengan berbagai varian rasa mulai dari Origina, Pedas Bagor dan juga Pedas Nori. [Sav/Dwi]

 

 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS