11:00 . Kopi Dicampur Kunyit Bisa Mencegah Diabetes? Ini Alasannya   |   10:00 . Trending Youtube, Lirik Lagu Ay-Yo - NCT 127 (Repackaged) Lengkap Beserta Terjemah Indonesia   |   09:00 . Harga Emas Antam Hari ini 31 Januari Turun di Level Rp1.027.000 Per Gram   |   08:00 . Keutamaan Mengamalkan Doa Sapu Jagat, Dibaca Setelah Sholat Fardhu   |   07:00 . Resep Prol Tape Tanpa Pakai Mixer, Bisa Langsung Dicoba di Rumah   |   18:00 . Ular Piton Sepanjang 4 Meter Ditemukan di Kandang Ayam Milik Warga di Tuban   |   17:00 . Satus Sengketa Tanah Warga dan Polri di Tuban, Adalah Lapangan Tembak Milik Polres   |   16:00 . Boster ke-2 Sudah Disediakan Bagi Masyarakat Tuban Untuk Cegah Varian Covid Lainnya   |   15:00 . Narapidana Terorisme asal Kudus Dibebaskan Bersyarat oleh Lapas Tuban   |   14:00 . Mengenal Ajian di Budaya Jawa yang Telah Ada Sejak Jaman Dulu   |   13:00 . Turun Rp5.000, Cabai Rawit di Tuban Kini Jadi Rp50.000/Kilogram   |   12:00 . 5 Lokasi Beli Ice Cream Enak dan Murah di Tuban   |   11:00 . Manfaat Bersihkan Area Gigi dengan Siwak, Sunnah Rasulullah Sejak Dulu   |   10:00 . Lirik Lagu No Comment - Tuty Wibowo Feat Bunda Corla Kembali Viral   |   09:00 . Penghujung Januari 2023, Harga Emas Antam Stagnan Selama 3 Hari di Level Rp1.029.000 Per Gram   |  
Tue, 31 January 2023
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Produksi Telur Bebek di Tuban Menurun 50 Persen di Musim Penghujan

bloktuban.com | Friday, 18 November 2022 21:00

Produksi Telur Bebek di Tuban Menurun 50 Persen di Musim Penghujan

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Produksi telur bebek pada musim penghujan terus menurun, hingga mencapai 50 persen. Hal tersebut, disinyalir dipicu lantaran bebek mengalami stress karena perubahan musim yang terjadi.

Selain itu, kondisi tempat atau kandang bebek yang lembab dan juga becek, membuat bebek menjadi tidak nyaman untuk beraktivitas.  Salah seorang peternak bebek di Kecamatan Widang, Kabupaten Tuban ini misalnya, ia mengaku jika produktivitas bebek petelurnya jauh menurun jika dibandingkan sebelumnya.

“Iya kalau musim hujan memang telurnya lebih sedikit, awal-awal ternak dulu memang kaget tapi sekarang karena sudah tau ya biasa. Kebetulan ini cuma punya 105 ekor bebek, biasanya 3 hari sekali setor sekarang nggak bisa,” ujar Masruh, kepada blokTuban.com, Jumat (18/11/2022).

Jika biasanya dalam sehari bebek-bebek miliknya tersebut, bisa menghasilkan  kurang lebih 95 biji telur. Namun pada musim hujan jumlahnya sangat menurun yaitu hanya 45 hingga 50 telur saja.

Kondisi ini, tentu sangat membuat peternak kuwalahan. Pasalnya, di tengah jumlah telur yang menurun, justru berbanding lurus dengan biaya pakan bebek. Sebab, ketika musim hujan berlangsung  maka pakan bebek harus segera ditingkatkan jumlahnya.

“Harga sentrat juga sekarang mahal, Rp350 per karung jadi untungnya juga tipis. Sekarang bisanya setor 4-5 hari sekali ke pembuat telur asin biasanya, sudah ada langganan sendiri,” jelasnya. 

Lebih lanjut, menurut bapak dari dua orang anak ini, setiap musim penghujan datang memang sudah rutin jika bebek yang dipeliharanya tersebut, bertelur kurang baik. Kendati demikian, masih ada sebagian bebek yang produktif, sehingga cukup untuk menutupi biaya pakan yang terus mengalami peningkatan.

Disamping itu, ia juga menambahkan, untuk meminimalisir rasa stress pada hewan ternaknya tersebut, biasanya bebek peliharaannya dilepaskan sesekali dari kandangnya. [Sav/Dwi]

 

 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS 

Tag : produksi telur bebk menurun, musim penghujan, bloktuban, berita tuban



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat