Workshop Literasi Informasi Ke-4 blokTuban di IAINU Tuban

Reporter:  Muhagmmad Nurkholis

blokTuban.com - Dalam rangka hari jadi blokTuban ke-7 blokTuban.com kembali melanjutkan agendanya Workshop Literasi Informasi ke empat. Kali ini merupakan agenda terakhir blokTuban mengadakan workshop di  Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama (IAINU) Tuban, Selasa (15/11/2022).

Peserta kali ini seperti ketika kampus sebelumnya, yaitu mahasiswa dari fakultas atau yang tergabung dalam kegiatan mahasiswa. Peserta workshop pamungkas ini berasal dari mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan juga Fakultas Dakwah. 

General Manager blokTuban.com (Blok Media Group/BMG), Edy Purnomo dalam sambutannya mengatakan menggunakan teknologi informasi itu seperti pisau mata dua. Bisa menjadi baik atau buruk tergantung yang memakainya.

“Teknologi informasi seperti pisau, tergantung kita saat menggunakannya dan sebagai mahasiswa kita harus bisa menggunakan teknologi saat ini untuk kebaikan,” ujarnya.

Sedangkan Dekan Fakultas Tarbiah IAINU Tuban, Muslimin mengatakan melalui workshop blokTuban ini, semoga nantinya mahasiswa-mahasiswa IAINU melek digital dengan memanfaatkan iternet dengan bagus. Seperti mahasiswa bisa memanfaatkan internet untuk pendidikan, untuk ekonomi kreatif, serta literasi semakin tinggi.

Baca juga:

- IAI AI-Hikmah Tuban Bersama blokTuban Adakan Seminar Literasi Digital

- BlokTuban Geos To Universitas Sunan Bonang Tuban Adakan Workshop Literasi Informasi 

- Peringati Hari Jadi ke 7, blokTuban.com Gelar Workshop Literasi Informasi Bersama Unirow Tuban

- Workshop Literasi Informasi Ke-4 blokTuban di IAINU Tuban 

Ali Imron selaku redaktur blokTuban.com yang menjadi narasumber dalam acara ini menyampaikan bahwa sebagai generasi saat ini harus benar-benar bisa memilih dan memilh sebuh informasi, terlebih makin banyaknya hoax yang tersebar di antara kita. Dan apabila hoax tersebut memang disengaja dibuat guna sebuah kepentingan pribadi para oknum pembuatnya.

“Ayo kita cek dulu sebelum menerima informasi jangan sampai kita sebagai mhasiswa menjadi agen penyebar hoax,” ujarnya.

Ali imron juga menambahkana kendati ada teknologi pendeteksi hoax para pembuat hoax akan selalu mencari cara untuk melancarkan penyebaran hoax.

Acara yang disupport oleh beberapa perusahaan yaitu PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, Pertamina Hulu Energi Tuban East Java (PHE TEJ), TPPI  PT PJB OBJOM, Trans-Pacific Petrochemical Indotama (TPPI), PT Pertamina Rosneft, PT PLN (Persero) dan PLTU Tanjung Awa-Awar berjalan dengan lancar.

Seperti diketahui kegiatan hari ini sekaligus penutup acara serangkaian workshop blokTuban goes to kampus. Pada workshop pertama dilakukan di Institut Agama Islam Al-Hikmah (IAI Al Hikmah) Tuban, kedua di Universitas PGRI Ronggolawe (UNIROW) Tuban, workshop ketiga di Universitas Sunan Bonang (USB) Tuban dan keempat yaitu di IAINU Tuban.[Nur/Dwi]

 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS