BlokTuban Geos To Universitas Sunan Bonang Tuban Adakan Workshop Literasi Informasi

Reporter:  Muhammad Nurkholis

blokTuban.com - Masih dalam rangka hari jadi blokTuban ke-7, blokTuban.com kembali melaksanakan Workshop Literasi Informasi ke Universitas Sunan Bonang (USB), Senin (14/11/2022).

Dalam acara ini, tim blokTuban memberikan materi literasi informasi kepada puluhan mahasiswa dari berbagai semester dari fakultas Pertanian dan Hukum. Terlihat peserta cukup antusias, mereka menyimak pemaparan dari narasumber kali ini.

General Manager blokTuban.com (Blok Media Group/BMG), Edy Purnomo dalam sambutannya mengatakan bahwa mahasiswa saat ini memiliki tantangan baru. Apalagi melihat tingkat penggunaan internet di Indonesia merupakan tertinggi nomor 3 di dunia. Tetapi hal tersebut tidak diimbangi dengan tingkat litrasi yang tinggi juga.

Baca juga: IAI AI-Hikmah Tuban Bersama bloktuban Adakan Seminar Literasi Digital

“Untuk menjawab semua tantangan tersebut mahasiswa harus meningkatkan literasi informasi agar tidak termakan hoax di era perkembangan zaman saat ini,” ujarnya.

Sedangkan Wakil Rektor III Universitas Sunan Bonang Tuban, Joni Martoyo mengatakan melalui blokTuban mahasiswa diharapkan mendapatkan bantuan bimbingan melalui workshop literasi informasi ini.

“Dengan adanya workshop ini mahasiswa mampu memilah informasi benar, tidak benar, bermanfaat, dan tidak bermanfaat. Serta workshop ini akan berguna bagi mahasiswa yang haus informasi,” ujarnya.

Ali Imron selaku redaktur blokTuban.com yang menjadi nara sumber dalam acara ini menyampaikan bahwa sebagai generasi saat ini harus benar-benar bisa memilih dan memilh sebuh informasi, seiring makin banyaknya hoax yang tersebar di antara kita. Terlebih pengguna internet di Indonesia mencapai 205.000.000 jiwa.

“Contoh sederhana hoax yang sering kita dapatkan yaitu sms berhadiah, salah satu cara mudah kita melawannya yaitu dengan tidak menyebarkannya lagi,” ungkapnya.

Sedangakan narasumber kedua, Ahmad Arif Wibowo Kepala Pusat Data dan Sistem Informasi Universitas Sunan Bonang menuturkan bahwasanya mahasiswa harus melek dunia digital.

Baca juga: Peringati Hari Jadi ke 7, blokTuban.com Gelar Workshop Literasi Informasi Bersama Unirow Tuban

“Mahasiswa harus bisa memanfaatkan internet untuk pendidikan, serta mahasiswa harus siap menghadapi era digital, seperti layanan digital di kampus,” ujarnya.

Menurut Arif, sapaan akrabnya memanfaatan internet untuk pendidikan diantaranya sebagai  pangkalan data sarana mencari informasi, mempermudah pencarian referensi, sebagai sarana pembelajaran, penyedia sumber pelajaran tambahan, mencari beasiswa, publikasi ilmiah, dan sarana pendidikan jarak jauh.

Sedangkan Gia (21) mahasiswa semester satu Fakultas Hukum yang menjadi peserta workshop yang mengambil tema Literasi Informasi untuk Mahasiswa dan Permanfaatan Internet untuk Pendidikan ini mengatakan sangat bermanfaat bagi mahasiswa.

“Melalui acara ini agar mahasiswa bisa memilah informasi serta nantinya kami bisa lebih bijak menggunakan internet untuk pendidikan seperti upload jurnal di internet, mencari sumber refrensi yang di perpustakaan tidak ada,” ujarnya.

Acara yang disupport oleh beberapa perusahaan yaitu PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, Pertamina Hulu Energi Tuban East Java (PHE TEJ), TPPI  PT PJB OBJOM, Trans-Pacific Petrochemical Indotama (TPPI), PT Pertamina Rosneft, PT PLN (Persero) dan PLTU Tanjung Awa-Awar berjalan dengan lancar, hingga acara usai pada pukul 11.48 wib dan menutup kegiatan workshop ketiga oleh bloktuban.com.[Nur/Dwi]

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS