BUMDes Mart Kampung Pesisir Karangagung Jadi Program Peningkatan Perekonomian Pesisir Tuban

Reporter: Dwi Rahayu 

blokTuban.com - Pusat Oleh Oleh dan Jajanan BUMDES Mart Kampung Pesisir Karangagung telah diresmikan dan serah terima Program Ekonomi Masyarakat Desa Karangagung Kecamatan Palang pada Rabu (9/11/2022).

BUMDES Mart Kampung Pesisir Karangagung ini adalah program kolaborasi antara ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) bersama SKK Migas, Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Pemerintah daerah Kabupaten Tuban, Perwakilan Tour & Travel serta Lentera Bahari Institute sebagai pendamping program, yang bertujuan untuk memberikan wadah pemasaran bagi pelaku usaha UMKM pengolahan hasil laut yang ada diwilayah kampung pesisir Karangaguang Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban dan sekitarnya.

Program ini merupakan komitmen EMCL bersama Pemerintah Desa Karangagung dan kerjasama dengan berbagai pihak yang bertujuan untuk meningkatkan ekonomi warga kampung pesisir yang mayoritas bermata pencaharian sebagai nelayan.

“BUMDES Mart Kampung Pesisir adalah milik bersama yang harus dikerjakan dan dijaga dengan semangat gotong royong,” kata Aji Agus Wiyoto, Kades Karangagung.

Endah Binawati Mardiandini, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, mengapresiasi kegiatan terebut. Hal ini merupakan bukti kebangkitan ekonomi pasca pandemi di wilayah Provinsi Jawa Timur, terutama di wilayah pantai utara. 

"Mari jaga semangat kerjasama dan gotong royong semua pihak agar bisnis berjalan dengan sukses sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan bagi warga,” kata Endah pada Jumat (11/11/2022).

EMCL, selaku Kontraktor Kontrak Kerjasama (KKKS) yang ditunjuk oleh Pemerintah terus berupaya mendukung kemajuan masyarakat di sekitar wilayah operasi. Salah satunya dengan memberikan dukungan pada Program Pengembangan Masyarakat di bidang pengembangan ekonomi ini.[dwi]

 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS