Fenomena Gerhana Bulan Total dan Apa Efeknya di Kabupaten Tuban?

Reporter:  Muhammad Nurkholis

blokTuban.com - Nanti malam akan terjadi fenomena alam berupa gerhana bulan total dan apakah ada dampaknya bagi wilayah Kabupaten Tuban?

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Tuban Zem Irianto Padma. mengatakan gerhana bulan sendiri terjadi karena terhalanginya cahaya matahari oleh bumi sehingga tidak semuanya sampai ke bulan.

Zem Irianto juga menjelaskan bahhwa ada tahun 2022 terjadi 4 kali fenomena gerhana, yaitu 2 kali gerhana matahari dan 2 kali gerhana bulan. Gerhana yang bisa dilihat di Indonesia yaitu Gerhana Bulan Total (GBT) pada hari ini.

“Dalam 2022 terdapat 4 kali gerhana akan tetapi yang bisa dilihat di Indonesia hanya gerhana nanti malam,” ujar  Zem Irianto Padma kepada blokTuban.com, Selasa (8/11/2022).

Disinggung soal pengaruh dari gerhana di Kabupaten Tuban, Zem menjelaskan kalau pengaruh dengan curah hujan atau cuaca tidak ada.

"Akan tetapi pengaruh gerhana bulan bisa menyebabkan pasang air yang lebih tinggi. Namun BMKG belum mengeluarkan peringatan dini sehingga diprakirakan pasangnya tidak berpotensi menyebabkan banjir rob," tambahnya.

Gerhana bulan di Kabupaten Tuban bisa dilihat sekitar pukul 17.59 wib dan ini merupakan puncaknya.[Nur/Dwi]

 

 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS 

 

https://news.google.com/publications/CAAqBwgKMNPtuAsw4IjQAw?r=0&oc=1&hl=id&gl=ID&ceid=ID:id