13:00 . 4 Jenis Ikan dan Udang yang Sering Ditebar Petani Tuban   |   12:00 . Olah Limbah Ban Bekas, Warga Tuban Raup Cuan   |   11:00 . Kopi Dicampur Kunyit Bisa Mencegah Diabetes? Ini Alasannya   |   10:00 . Trending Youtube, Lirik Lagu Ay-Yo - NCT 127 (Repackaged) Lengkap Beserta Terjemah Indonesia   |   09:00 . Harga Emas Antam Hari ini 31 Januari Turun di Level Rp1.027.000 Per Gram   |   08:00 . blokBojonegoro Lolos Tahap 2 Calon Anggota MCH 2023   |   07:00 . Resep Prol Tape Tanpa Pakai Mixer, Bisa Langsung Dicoba di Rumah   |   06:00 . Keutamaan Mengamalkan Doa Sapu Jagat, Dibaca Setelah Sholat Fardhu   |   18:00 . Ular Piton Sepanjang 4 Meter Ditemukan di Kandang Ayam Milik Warga di Tuban   |   17:00 . Satus Sengketa Tanah Warga dan Polri di Tuban, Adalah Lapangan Tembak Milik Polres   |   16:00 . Boster ke-2 Sudah Disediakan Bagi Masyarakat Tuban Untuk Cegah Varian Covid Lainnya   |   15:00 . Narapidana Terorisme asal Kudus Dibebaskan Bersyarat oleh Lapas Tuban   |   14:00 . Mengenal Ajian di Budaya Jawa yang Telah Ada Sejak Jaman Dulu   |   13:00 . Turun Rp5.000, Cabai Rawit di Tuban Kini Jadi Rp50.000/Kilogram   |   12:00 . 5 Lokasi Beli Ice Cream Enak dan Murah di Tuban   |  
Tue, 31 January 2023
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

6 Jenis Penyakit di Musim Pancaroba yang Patut Diwaspadai

bloktuban.com | Monday, 31 October 2022 08:00

6 Jenis Penyakit di Musim Pancaroba yang Patut Diwaspadai Penyakit yang menyerang saat musim pancaroba. (Ist)

Oleh: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Saat  musim pancaroba atau peralihan musim kemarau k penghujan kerap timbul sejumlah penyakit yang disebabkan peralihan cuaca.

Dilansir dari hallosehar.com, mengapa di musim pancaroba tubuh lebih rentan terkena penyakit? Penyebab utamanya yaitu peralihan suhu yang terbilang ekstrem. Setelah panas yang bergitu terik, lantas intensitas hujan yang tinggi merubah suhu permukaan bumi.

Saat musim hujan suhu identik menjadi lebih lembabb dibanding saat kemarau. Lantas virus lebih mudah bertahan dan lebih cepat berkembang biak berkali lipat di suhu yang dingin sehingga lebih mudah menyerang manusia.

Beberapa penyakit yang timbul saat musim pancaroba yang oerku diwaspadai diantaranya yaitu:

1. Sakit kepala

Peralihan musim menyebabkan peralihan suhu yang ekstrem, hal ini menyebabkan ketidakstabilan komponen kimiawi dalam otak sehingga memicu sakit kepala. Terlebih cuaca dingin menyebabkan pembuluh darah menyempit sehingga menghambat suplai darah yang menuju ke otak.

 

2. Batuk pilek

Hidung tersumbat, tenggorokan gatal menjadi tanda seseorang tengah diserang sakit batuk pilek. Salah satu virus yang perkembangbiakannya semakin bertambah di musim ini adalah virus influenza dan rhinovirus, yang orang awam sebut pilek dan batuk.

 

Batuk pilek biasanya ditandai dengan gejala batuk, hidung meler atau tersumbat, bersin, meriang, dan demam. Selalu siap sedia obat-obatan untuk meringankan apabila terjadi gejala yang demikian.

 

3. Nyeri persendian

Hal ini belum dapay dibuktikan secara medis dan belum ada penelitian, penurunan tekanan udara dicurigai dapat menyebabkan nyeri sendi.

Sakit sendi dapat dibayangkan seperti di sekitar persendian Anda seperti balon. Tekanan udara yang normal akan menahan balon tersebut sehingga tidak mengembang.

Namun, tekanan udara yang rendah dapat menyebabkan balon tidak tertahan sehingga perlahan-lahan balon atau jaringan di sekeliling persendian Anda akan mengembang. 

 

4. Asma

Bagi penderita asma, harus waspada terhadap kambuhnya penyakit ini di musim hujan tiba. Serangan asma terjadi karena saluran udara mengalami peradangan.

 

Ketika suhu sekitar rendah, udara dingin yang masuk ke saluran udara juga menjadi lebih dingin. Terlebih bila beraktivitas di luar ruangan dan terhitung berat patut mewaspadai kambuhnya sakit ini.

 

5. Demam berdarah

Hujan yang turun dan menggenangi tempat hingga celah tertentu menjadi tempat nyamuk berkembang biak. Saat pancaroba yang perlu diwaspadai adalah gigitan nyamuk Aedes penyebba demam berdarah.

 

 

6. Sakit mata

Peradangan pada mata atau infeksi pada selaput transparan yang melapisi kelopak mata dan bagian putih mata Anda. Sakit mata ini menyebabkan bagian mata jadi terasa gatal, tampak kemerahan, selalu berair, dan lebih mudah mengeluarkan kotoran (belek). Namun sakit mata ini biasanya sembuh sendiri dalam waktu 7–14 hari seiring meningkatnya kekebalan tubuh Anda. 

 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS 

Tag : musim pancaroba, sakit kepala, nyeri sendi, batuk pilek, sakit mata, asma, demma berdarah



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat