Puluhan Dokter IDI Tuban Kompak Donorkan Darah di Kantor PMI

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Dalam rangka memperingati Hari Dokter Indonesia (HDI), yang jatuh pada tanggal 24 Oktober 2022 kemarin. Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Tuban menggelar serangakaian kegiatan, salah satunya ialah Donor Darah serentak untuk para dokter.

Dengan mengusung tema “Berbakti Untuk Negeri, Mengabdi Untuk Rakyat, Satu IDI Terus Maju” para dokter di Kabupaten Tuban, kompak untuk mengikuti donor darah, yang bertempat di Kantor Sekretariat IDI Cabang Tuban, tepatnya di kawasan kompleks Ruko Merak Blok C-18.

Adanya ketentuan atau persyaratan yang harus dipenuhi bagi pendonor, mengakibatkan tidak semua peserta dapat mendonorkan darahnya pada momentum itu. Ketua Desvisi IT, Info dan Media IDI Cabang Tuban, Dr. Alfian Yuniarta mengatakan dari sekian peserta yang mengikuti kegiatan ini, terhitung ada 20 peserta yang dapat mengikuti donor darah.

“Donor darah dalam rangka Hari Dokter Indonesia, yang diadakan serempak di seluruh cabang IDI di Indonesia. Di IDI cabang Tuban peserta donor darah kurang lebih 20 an peserta, yang lolos bisa donor,” terangnya kepada blokTuban.com, Selasa (25/10/2022).

Baca Juga :

Tangkal Hoaks, Cek Fakta dan Literasi Media Masuk Sekolah dan Kampus

Hampir Seribu Siswa Ikuti Lomba Mapel Maarif Competition

Berani Jual Pupuk SubsIDI Tuban di Atas HET? Ini Sanksinya

Beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh pendonor, diantaranya seperti sehat jasmani dan rohani, berusia 17 tahun hingga 60 tahun (65 tahun bagi pendonor darah rutin), berat badan minimal 45 kilogram, tekanan darah normal (sistole 100-180 dan diastole 70-100), serta kadar hemoglobin 12,5-170 gram/dL%.

Selain kegiatan donor darah yang dilaksanakan hari ini, Dr. Alfian sapaan akrabnya juga menambahkan, ada beberapa kegiatan lain yang dilaksanakan oleh IDI pada HDI tahun ini. Yaitu, seminar, bakti sosial kesehatan hingga santunan yang akan diselenggarakan dalam waktu dekat ini.

“Kegiatan donor darah, insyaallah akan diadakan rutin oleh IDI Cabang Tuban, minimal satu kali dalam satu tahun,” ujarnya,

Lebih lanjut, pada Hari Dokter Indonesia ke-72 tahun dan bertepatan pula dengan Hari Ulang Tahun IDI, ia berharap agar ke depannya para dokter di Kabupaten Tuban, dapat lebih mengembangkan potensi yang dimiliki, agar lebih bermanfaat bagi masyarakat.

“Harapan kami untuk para Dokter Indonesia khususnya Kabupaten Tuban, mari bersama-sama untuk lebih mengembangkan potensi masing-masing dokter. Untuk bisa lebih bermanfaatn untuk masyarakat khususnya Kabupaten Tuban,” tutupnya. [Sav/Ali]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS