3.000 Personil Ikuti Apel Siaga Bencana Tuban

Reporter :  Muhammad Nurkholis

blokTuban.com -  Pemerintah Kabupaten Tuban serta lapisan Forkopimda Kabupaten Tuban, melakukan apel siaga bencana di Alun-alun Tuban, Selasa (25/10/2022).

Kurang lebih terdapat 3.000 personil dari berbagai lapisan Forkopimda Kabupaten Tuban terlibat. Mulai dari Poliri, TNI, Kejaksaan, instansi pemerintahan dan juga berbagai stakeholder yang ada di kabupaten Tuban. Tujuan apel bencana ini untuk mengantisipasi resiko bencana alam yang ada di Kabupaten Tuban

“Apel pada pagi hari ini memiliki tujuan untuk mempersiapkan sejak dini jika ada bencana-bencana alam di Kabupaten Tuban,” ucap Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky.

Untuk persiapan dini sendiri yang telah dilakukan oleh pemerintah Kabupaten Tuban yaitu, dengan merampingkan pohon-pohon besar yang berpotensi roboh terkena angin kencang, serta mengatur genangan air yang ada di Tuban.

Menurut Bupati, saat ini pemerintah Kabupaten Tuban telah melakukan pemetaan untuk wilayah-wilayah yang berpotensi atau rawan terjadi bencana alam. Dari hasil tersebut nantinya akan mendirikan posko di tempat-tempat tertentu.

Baca Juga :

Hujan Sejam, Jalur Alternatif Bojonegoro-Jatirogo Tuban Terendam Banjir

- Sebulan Desa Sumurgung Tuban KeBanjiran Tiga Kali

- Langganan Banjir Tiap Tahun, Sampah di Sekitar Jalan Penghubung Tuban-Bojonegoro Akan Dikeruk

“Kami telah melakukan pemetaan daerah dan setelah ini kita akan bangun posko di daerah tertentu,” ucap mantan anggota DPRD Jatim itu.

Untuk genangan air Kabupaten Tuban sendiri, Lindra mengatakan biasanya hanya terjadi berkisar 3 jam saja. Setelah itu air di Kabupaten Tuban sudah surut.

Dia mengajak masyarakat untuk bergerak serentak bersama, agar semua rencana ini berjalan dengan lancar. Seperti menjaga pohon-pohon yang telah ditanam agar air yang turun dari dataran yang lebih tinggi di Kabupaten Tuban tidak langsung turun ke bawah.

"Adanya pohon-pohon air tersebut bisa sedikit terhambat jalannya serta tetap menjaga kebersihan genangan air," tambahnya. [Nur/]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS