Masyarakat Tuban Wajib Tahu, Begini Cara Mencegah Konsleting Listrik di Rumah

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Mencegah terjadinya konsleting listrik di rumah merupakan yang wajib dilakukan oleh masyarakat, terutama pada musim hujan seperti saat ini. Pasalnya, sudah banyak terjadi kebakaran yang menghanguskan rumah, karena diakibatkan oleh konsleting listrik.

Kebanyakan, hal tersebut terjadi lantaran pemilik rumah kurang perduli, terhadap kondisi listrik yang terpasang di kediamannya. Padahal, tegangan listrik yang ada tersebut termasuk dalam kategori tegangan tinnggi.

Bahkan baru-baru ini, di Kabupaten Tuban terjadi kebakaran yang menghanguskan rumah, salah satu warga di Desa Sumurcinde, Kecamatan Soko, yang diduga diakibatkan karena konsleting listrik.

Untuk mencegah hal tersebut terulang kembali, maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan, oleh masyarakat di Kabupaten Tuban.

“Ada beberapa hal yang harus diperhatikan, seperti jangan sampai kabel listrik terkena air,” ujarnya  Manager PLN Tuban, Agus Riyadi kepada blokTuban.com saat dikonfirmasi, Minggu (23/10/2022).

Oleh karena itu,  sebaiknya jauhkan kabel listrik dari benda-benda yang dapat menimbulkan percikan air, seperti halnya aquarium, tempat pencuci piring, dispenser air minum, mesin cuci, ataupun benda-benda lainnya.

Selain itu, Agus sapaan akrabnya juga menambahkan jika hal ian yang harus dilakukan ialah menggunakan kabel listrik yang sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI). Pasalnya, saat ini banyak masyarakat yang tergiur dengan harga murah, tapi justru membahayakan bagi keberlangsungan kedepan.

Untuk itu, ada baiknya agar menggunakan peralatan listrik yang sesuai standar, mulai dari kabel listrik, stop kontak, saklar, hingga steker. Selanjutnya, hendaknya masyarakat juga harus sering untuk mengecek dan merawat kondisi kabel di rumah.

“Yang selanjutnya adalah sebaiknya memakai kabel yang sesuai dengan standar (SNI), dan juga selali menjaga kebersihan kabel tersbut,” sambungnya.

Setelah mengetahui hal di atas, maka sebaiknya masyarakat lebih memperhatikan kondisi saluran listrik di rumah. Agar tetap terjaga dan tidak sampai mengalami konsleting listrik. [Sav/Ali]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS