SIG Turut Andil di Normalisasi Waduk Manganan Montong Tuban

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) GHoPO Tuban menerjunkan alat beratnya guna melakukan pengerukan di Waduk Manganan yang mengalami pengendapan tanah. Dukungan perusahaan plat merah itu dilakukan, pasca banjir bandang yang melanda Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban pekan lalu.

Senior Manager Of Corporate Communication SIG GhoPO Tuban, Setiawan Prasetyo, waduk yang berlokasi di Desa Sumurgung Kecamatan Montong tersebut saat ini kondisinya mengalami pendangkalan dengan sedimentasi 2-3 meter, sehingga tidak mampu menampung air saat terjadi hujan dengan intensitas tinggi dan ditengarai menjadi penyebab banjir di wilayah Kecamatan Montong dan sekitarnya.

“Kami bersama tim, mengirimkan bantuan berupa alat berat untuk melakukan pengerukan waduk, yang sudah tidak mampu menampung air karena kondisinya sudah cukup dangkal. Dan alat berat kami akan bekerja diperkirakan selama 6 hari,” ungkapnya. Bantuan dari perusahaan ini merupakan sinergi kita bersama Pemerintah Kabupaten Tuban dalam upaya mencegah atau mengurangi potensi terjadinya bencana banjir khususnya di wilayah Kecamatan Montong ini, ujarnya, Kamis (20/10/2022). 

Baca juga :

Produk Semen Hidraulis Tipe HE Pertama di Indonesia Telah Lulus Uji Kemenperin

Santri Magang di Perusahaan BUMN, Tiga Bulan akan Belajar Bisnis dan Wirausaha

Atasi Dampak Inflasi di Jatim, Pemprov Siapkan Rp185 Milyar Bansos

Saat meninjau lokasi pengerukan di Waduk Manganan dan saluran anak sungainya yang sempat meluap menggenangi sawah warga, Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky menemukan adanya sedimentasi cukup parah, yang harus segera ditanggulangi. Bekerjasama dengan SIG, pengerukan akan dilakukan di lokasi tersebut.

“Sedimentasinya cukup parah, Alhamdulillah kita mendapatkan bantuan dari SIG untuk pengerukannya,” jelas Bupati Lindra. 

Selain itu, tanaman dengan akar yang kuat juga hampir tidak ditemukan di sekitar area waduk. Hal tersebut membuat tanah penyangga yangada di bibir waduk tidak kuat menahan arus air. Untuk itu, Bupati Tuban meminta komitmen dari Pemerintahan Desa dan masyarakat sekitar untuk mau menanam pohon.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Tuban juga mengucapkan terima kasih kepada perusahaan yang sudah banyak mendukung kegiatan pemerintah. Kali ini untuk menanggulangi dampak banjir, selain dengan SIG, Pemkab Tuban juga berkolaborasi dengan beberapa pihak, Perhutani, kecamatan dan desa. [Ali]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS