Harumkan Kabupaten Tuban, Santriwati Asal Tuban Raih Juara 1 MTQ Nasional

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Santriwati asal Kabupaten Tuban, berhasil mengharumkan nama Bumi Wali, dengan memboyong penghargaan dari perhelatan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) XXIX tahun 2022, tingkat Nasional yang diselenggarakan di Banjarmasin.

Dia adalah Yayuk Siti Khotijah, seorang santriwati PPM 4 Bahasa Al-Muhibbin Jatirogo, yang menjadi juara 1 cabang Karya Tulis Ilmiah (KTI) Al-Qur’an.

Prestasi tersebut, berhasil diraih oleh Yayuk sapaan akrabnya, setelah ia mengalahkan dua orang finalish lainnya, dengan memperoleh nilai tertinggi yaitu 160. Dengan karya tulis yang  berjudul ‘Fenomena Cyber Begging, Ancaman Baru Pemberdayaan Ekonomi Umat'.

Baca juga: Unik, Santri Darurrauf Wilis Tuban Usung Kostum Daun Lontar Sambil Lantunkan 1000 Bait Nadhom

Saat dikonfirmasi oleh blokTuban.com, Yayuk mengatakan untuk bisa mendapatkan juara seperti saat ini tidaklah instan. Pasalnya, selama tujuh bulan belakangan ini, ia terus berlatih dengan keras dan digembleng oleh tim Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Jawa Timur, sejak Maret 2022 lalu.

“Untuk persiapannya dilakukan kurang lebih selama 7 bulan sejak bulan Maret 2022 lalu, pembinaan dilakukan secara rutin dua kali dalam sebulan. Satu kali pembinaan dilakukan selama 3-4 harian,” ujarnya, Rabu (19/10/2022).

Menurut perempuan asal Kecamatan Soko ini, penilaian dari tim dewan juri dalam perlombaan MTQ Nasional tersebut, meliputi beberapa hal, diantaranya ialah penilaian bobot materi,  bidang kaidah dan gaya bahasa, serta bidang logika dan organisasi pesan.

Baca juga: Santri Ash Shomadiyah Tuban Deklarasi Tolak Kekerasan di Lingkungan Pesantren

“Alhamdulillah dapat mengalahkan 34 peserta dari 34 provinsi di Indonesia, karena tiap provinsi mengeluarkan delegasi 1 Pa dan 1 Pi,” terangnya.

Lebih lanjut, dengan medali emas yang berhasil diraihnya saat ini, maka ia berharap, agar kejuaraan ini menjadi berkah dan bisa menjadi ilmu yang bermanfaat, baik untuk dirinya maupuan orang lain kedepannya. [Sav/Dwi]

 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS