Waspada! Ini Daftar Kecamatan di Tuban yang Berpotensi Puting Beliung

Reporter :  Muhammad Nurkholis

blokTuban.com - Musim Pancaroba atau pergantian musim seperti ini, potensi terjadinya puting belingung sangat tinggi. Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kabupaten Tuban puting beliung sendiri baru bisa terindikasi 30 menit atau satu jam sebelum adanya puting beliung.

“Fenomena ini tidak memiliki siklus serta jarang terjadi. Angin puting beliung susulan di lokasi yang sama dan cukup sulit untuk memprakirakan kapan dan di mana puting beliung akan terjadi karena baru bisa terdeteksi 30 menit sampai 1 jam sebelumnya melalui citra radar cuaca,” ucap Kepala BMKG Tuban, Zem Irianto Padama kepada blokTuban.com, Senin (10/10/2022).

Puting beliung sendiri, lanjut Zem dapat terbentuk dari awan cumulonimbus. Di mana awan tersebut biasanya terdapat downdraft (penurunan massa udara yang kencang ke permukaan bumi).

Zem menambahkan berdasarkan data kejadian bencana dari BPBD Tuban, ada beberapa kecamatan yang berpotensi terjadi puting beliung. Dia berpesan kepada masyarakat untuk daerah tersebut untuk tetap waspada selama memasuki musim hujan.

Berikut ini daftar wilayah puting beliung kategori rendang, sendang, dan tinggi di Tuban:

1. Kategori Rendah termasuk wilayah kecamatan Kerek dan Soko

2. Kategori Sedang termasuk wilayah kecamatan Merakurak, Plumpang, Rengel dan Tuban

3. Kategori Tinggi termasuk wilayah kecamatan Jenu, Tambakboyo, Palang dan Widang.

 

[Nur/Ali]

 

Temukan konten Berita blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS