Asprov PSSI Jatim Hentikan Sementara Liga 3

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Tragedi di Stadion Kanjuruhan pada 1 Oktober 2022 yang memakan korban ratusan orang berdampak pada seluruh ajang sepakbola di Indonesia. Setelah penghentian Liga 1 dan 2, kini Liga 3 PSSI Jawa Timur juga dihentikan sementara. 

Kabar penghentian Liga 3 sampai waktu yang belum ditentukan tersebut, diunggah oleh Asosiasi Provinsi Persatuan Sepak Bola seluruh Indonesia Jawa Timur (Asprov PSSI Jatim) disitus resminya. 

“Kami menghentikan sementara aktivitas kompetisi Liga 3 PSSI Jawa Timur dan turunannya, termasuk Piala Soeratin yang saat ini sedang berputar di Asosiasi Kabupaten/Kota di Jatim,” kata Dyan Puspito Rini Sekretaris Asprov PSSI Jatim dalam keterangannya kepada media, Jumat (7/10/2022). 

Penghentian kompetisi LIga 3 yang baru saja akan dimulai musim ini, menindaklanjuti arahan pemerintah melalui Mahfud MD Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan keamanan (Menkopolhukam), tentang penghentian aktivitas kompetisi Liga 1, 2 dan 3 sampai ada pemberitahuan lebih lanjut.

Baca juga :

Persatu Tuban Diperkuat 13 Pemain Lokal, Pelatih Medy : Masih Kurang 12 Pemain Lagi

Klub Bumi Wali FC Tuban Umumkan Pelatih dan Asistennya, 26 Pemain Siap Genjot Latihan

- Liga 2 Ditunda Dua Pekan, Pendukung Persela FC Minta Manajemen Berbenah

Selain itu, kata dia, keputusan tersebut sekaligus menghormati upaya investigasi yang sedang dilakukan Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) terkait Tragedi Kanjuruhan.

Ririn, sapaan akrabnya, meminta semua Asosiasi Kabupaten/Kota untuk menjalankan instruksi tersebut tanpa terkecuali.

“Penghentian sementara ini termasuk turnamen kelompok umur. Untuk Piala Soeratin saya minta dihentikan selama satu minggu. Setelah itu bisa digelar kembali tapi tentu setelah ada koordinasi dengan pihak keamanan,” ujarnya.

Dia mengharapkan, proses investigasi selesai secepatnya dan masalah terkait Tragedi Kanjuruhan bisa segera tuntas dan menghasilkan yang terbaik untuk sepak bola Nasional. Asprov PSSI Jatim sejak awal mendukung upaya investigasi yang dilakukan pemerintah demi kemajuan sepakbola di Indonesia.

Menurut jadwal, Asprov PSSI Jatim hari ini menggelar manager meeting untuk kompetisi Liga 3. Namun, atas perintah Ahmad Riyadh Ketua Asprov PSSI Jatim, manager meeting ditunda sehingga otomatis Liga 3 Jatim juga tidak bergulir sampai waktu yang tidak bisa ditentukan.

“Meskipun Liga 3 ditunda sampai batas waktu yang tidak ditentukan, secara umum kami sudah siap menggelar bila pemerintah sudah mengizinkan kompetisi bergulir lagi,” jelasnya. [Ali]

 

Temukan konten Berita blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS