Resmi Dibuka Hari Ini, Pasar Hewan Tuban Diserbu Penjual Sapi Lokal dan Luar Kota

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Setelah kurang lebih empat bulan dilakukan penutupan, sebagai imbas dari penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban, akhirnya resmi membuka kembali pasar hewan pada daerah ini, terhitung sejak Minggu, (2/10/2022). 

Pembukaan ini, dimulai dengan pasar hewan yang berada di Kelurahan Gedongombo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. kendati demikian, dibukanya kembali empat pasar hewan ini, hanya bersifat uji coba. Sembari melihat kondisi dan perkembangan penyebaran PMK nantinya. 

Kepala Pasar Hewan Tuban, Agung Subekti mengatakan sangat senang dengan dibukanya kembali pasar hewan di Kabupaten Tuban. Sehingga ia berterimakasih kepada Pemkab Tuban, karena kembali mengizinkan aktivitas jual beli hewan di pasar tersebut. 

“Intinya saya berterimakasih dan bersyukur, karena pada minggu ini, minggu pertama pembukaan pasar hewan yang selama ini hampir empat bulan tutup. Alhamdulillah hari ini mulai buka kembali,” paparnya saat dikonfirmasi oleh blokTuban.com, Minggu (2/10/2022). 

Pada minggu pertama pembukaan pasar hewan tersebut, lanjut Agung sapaan akrabnya, antusias masyarakat sangat luar biasa. Tak hanya dari Kabupaten Tuban saja, daerah tetangga bahkan lintas provinsi juga kembali melakukan aktivitas jual beli di tempat ini. 

Menurutnya, untuk dapat masuk ke pasar hewan tersebut, baik para pedagang ternak ataupun peternak, wajib mengikuti beberapa persyaratan yang telah ditentukan oleh Pemkab Tuban, selama masa uji coba berlangsung. 

“Mulai hari ini kita sosialisasi pendataan, seperti asal sapi dari mana. Kemungkinan minggu berikutnya masyarakat harus membawa fotocopy KTP (Kartu Tanda Penduduk), serta asal sapi yang dibeli,” sambungnya. 

Dengan demikian, Agung berharap agar kedepannya, wabah PMK di Kabupaten Tuban bisa segera teratasi, sehingga pedagang ternak maupun peternak tidak lagi diresahkan dengan penutupan pasar, seperti sebelumnya yang mengakibatkan ekonomi terpuruk. 

Sementara itu, pembeli hewan ternak dari Kabupaten Lamongan, Munadi, mengaku sangat antusias dengan kembali dibukanya pasar hewan di Kabupaten Tuban. Pasalnya, sudah beberapa minggu ini ia sudah menanti pembukaan ini. 

“Alhamdulillah sangat antusias sekali, sudah sekitar tiga mingguan kami menanti pembukaannya. Karena memang sering beli sapi disini, setiap pasaran karena mau dijual lagi,” ungkapnya. [Sav/Ali]

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS