11:00 . Langkah Membuat Instafest Spotify, Nikmati Festival Musik di Handphone   |   10:00 . Petugas BNNK Tuban Kembali Razia Gang Sadar, Pelaku Larikan Diri Tinggalkan 18 Butir Carnophen   |   09:00 . Harga Emas Anam 30 November 2022 Naik di Level Rp981.000 Per Gram, Semua Stok Available   |   08:00 . 3 Hal Penting Urusan Hutang-Piutang dalam Islam   |   19:00 . Hujan Deras Akibatkan Longsor di Banyuurip Tuban   |   18:00 . Lirik Lagu Dreamers - Jungkook (BTS) Feat Fahad Al Kubaisi OST Piala Dunia 2022 dan Terjemah   |   17:00 . Warga Tuban Dikagetkan Seekor Ular Piton di Depan Rumahnya   |   16:00 . Cabor Kick Boxing Tuban Sabet 16 Medali di Usia yang masih muda   |   15:00 . Jelang Nataru, TPID Tuban Lakukan Pengawasan Kenaikan Harga Sembako di Pasar Baru Tuban   |   14:00 . Meriahkan Hari Jadi Tuban Ke-729, Puluhan Tukang Becak Ikuti Lomba Ketangkasan   |   13:00 . Hobi Diecast yang Menghasilkan Cuan, Pemuda Asal Tuban Buka Jasa Modifikasi Mobil Miniatur   |   12:00 . UMK Tuban Dipastikan Naik Tahun Depan   |   11:00 . 10 Organisasi Profesi di Tuban Tolak Ruu Kesehatan, Ini Bunyi Tuntutannya   |   10:00 . PLN Adakan Peningkatan Keandalan Listrik pada 2 Kecamatan di Tuban 1 Desember 2022 Mendatang   |   09:00 . Trend Harga Emas Antam Turun, Hari ini 29 November 2022 Dibandrol Rp977.000 Per Gram   |  
Wed, 30 November 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Makam Sakral di Desa Pakis Tuban Konon Mertua Ronggolawe

bloktuban.com | Monday, 26 September 2022 15:00

Makam Sakral di Desa Pakis Tuban Konon Mertua Ronggolawe Makam di Desa Pakis, Kecamatan Grabagan, Tuban dipercaya mertua Ronggolawe. (Foto:Nur/blokTuban.com)

Reporter :  Muhammad Nurkholis

blokTuban.com - Di Desa Pakis, Kecamatan Grabagan, Kabupaten Tuban terdapat sebuah makam yang disakralkan oleh masyarakat. Konon makam tersebut miliknya mertua dari Ronggolawe. 

Adanya kepercayaan tersebut, kini Pemerintah Desa Pakis berupaya untuk menelusuri silsilah dan cerita bagaimana mertua Ronggolawe dapat sampai ke Desa Pakis. Makam yang berada di sekitar Bukit Lei tersebut, kini telah ditata rapi dan memudahkan para peziarah. 

Meskipun data silsilah masih dihimpun, warga setempat bersama Pemdes rutin menggelar tahlilan di kamis malam. Sedangkan kegiatan sedekah bumi di Pakis diperingati setiap jumat pahing. 

Muin (48) salah satu warga Desa Pakis membenarkan, bahwa masyarakat mempercayai bahwa mertua Ronggolawe disemayamkan di makam tersebut. 

“Makam tersebut adalah makam dari mertua dari Ronggolawe itu memiliki nama Islam yaitu Abdul Rohim. Sedangkan satu lagi adalah Singo Joyo yang juga merupakan pengawal dari Abdul Rokhim. Mertua Ronggolawe merupakan seorang muslim yang berasal dari kerajaan Majapahit,” ujarnya kepada blokTuban.com, Senin (26/9/2022).

Muin menambahkan, munculnya makam mertua Ronggolawe memiliki sejarah panjang. Di mana kala itu, hujan lebat mengguyur Desa Pakis selama berhari-hari dan akhirnya sebuah makam muncul. 

Baca juga :

Kisah Mbah Nuriman Sepupu Joko Tingkir yang Disemayamkan di Desa Kebomlati Tuban

- Sedekah Bumi Makam Mbah Dowo dan Soko Dedes Tuban, Diramaikan Wayang Kulit Sehari Semalam

Karomah Sunan Brojol Tuban dengan Makam Unik Terbuat dari Kayu Jati

Tak hanya satu makam saja yang muncul setelah hujan lebat, tetapi diperkirakan ada puluhan makam. Muin kurang mengetahui kisaran tahun berapa munculnya makam-makam itu, sebab ia mendapatkan cerita lisan dari pendahulunya. 

"Dulu di area makam itu lahan kosong," jelasnya. 

Setelah muncul, makam tersebut sempat rusak nisannya karena terdapat pohon tumbang. Merasa prihatin dengan kondisi makam, akhirnya warga bersama ahli spiritual setempat kembali membenahi nisan makam seperti sedia kala. 

"Makam Pakis sendiri tak hanya disakralkan oleh warga Pakis saja, tetapi juga warga Desa Menyuyur," tegasnya. 

Sementara itu,  Kepala Desa Pakis, Grabagan, Mukhlis menambahkan, wisata religi merupakan salah satu potensi yang akan dikembangkan Pemdes. Sampai sekarang, kawasan makam mertua Ranggalawe juga disebut dengan makam Pakis sebab dipercaya warga sebagai pembuka desa. 

“Makan Pakis merupakan orang tertua di Kabupaten Tuban serta yang babat desa,” sambungnya. [Nur/Ali]

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS 

Tag : Makam Pakis, Mertua Ronggolawe, Blok Tuban, Tuban hari Ini, Berita Tuban, Kabupaten Tuban



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 06 November 2022 11:00

    Blok Cerpen

    Takdir

    Takdir Entah apa saja yang sudah kulewati di tahun 2020, aku hanya ingin menuliskan sebuah pintu harapan....

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat