Gudang Penimbun BBM di Widang Tuban Terbongkar, Polisi Sita Satu Mobil L300 dan 12 Drum Solar

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Sebuah gudang di Kecamatan Widang, Kabupaten Tuban diduga kuat sebagai penimbunan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis solar subsidi terbongkar, Petugas kepolisian lalu menyita satu unit kendaraan L300 dan 12 drum berisi solar. 

Gudang penimbun solar itu digrebek petugas pada 15 September 2022 lalu, tepatnya di Desa Minohorejo, Kecamatan Widang tengah malam pukul 24.00 Wib. Informasinya gudang tersebut milik salah satu Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) di Tuban. 

Kasatreskrim Polres Tuban, AKP M. Gananta membenarkan penemuan gudang penimbun BBM jenis Solar susidi itu. Unit Reskrimnya masih menyelediki kasus tersebut untuk mengungkap jejaringnya. 

"Benar dan masih diperiksa kasusnya," ujar Kasatreskrim Polres Tuban kepada media, Selasa (20/9/2022). 

Berdasarkan data dari berbagai sumber menyebutkan, bahwa oknum pelaku penimbunan beroperasi dengan modus membawa surat dari desa dengan keterangan untuk kebutuhan pertanian. Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) yang biasa mereka ambil diantaranya SPBU Gesing Kecamatan Semanding, dan SPBU Plumpang.

Baca juga :

Penimbunan Ratusan Liter Solar di Bancar Tuban Terbongkar, Polisi Belum Tahan Pelaku

Dirut Pertamina Pantau Stok BBM Lewat Command Center, Begini Stok Pertalite Hingga Solar

Setiap harinya, pelaku dapat mengambil BBM solar sebanyak 10 kali. Praktiknya terdapat dua orang membawa jeriken dengan kapasitas 60 liter. Solar yang dibeli lalu ditampung di gudang dengan alasan akan dijual ke petani setempat, namun diduga justru dijual ke proyek atau ke pabrik yang membutuhkan.

Adapun barang bukti yang disita petugas Unit Resmob Satreskrim Polres Tuban yaitu satu mobil L300 dengan nomer polisi S8142 UB dan 12 drum berisi solar yang terdiri dari 6 drum besar dan 6 drum kecil. BB tersebut saat ini telah berada di Mapolres Tuban. 

Sekedar diketahui, sebelumnya Satreskrim Polres Tuban juga telah membongkar gudang penimbun Solar di Desa Siding, Kecamatan Bancar. BB yang disita petugas sebanyak 900 liter Solar, dan pelakunya belum ditahan. [Ali]

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS