Makan Mi Instan Tiap Hari? Waspada Masalah Kesehatan Berikut ini,  Salah Satunya Hipertensi

Oleh : Dwi Rahayu

blokTuban.com - Siapa yang tidak tahu nikmatnya kelezatan mi instan? Terlebih saat ini terdapat berbagai varian rasa. 

Namun mengkonsumsi mi instan setiap hari tidaklah baik. Beberapa penyakit yang mungkin saja timbul akibat terlalu berlebihan makan instan ini.

Berikut ini berdasarkan aldokter.com terdapat beberapa masalah kesehatan yang serius bisa berdampak apa bila setiap hari mengkonsumsi mi instan.

 

1. Gangguan pencernaan

Tubuh membutuhkan waktu lebih lama untuk mencerna makanan yang telah mengalami pengolahan atau proses pembuatannya berlebihan. Akibatnya masalah seperti susah buang air besar jadi terganggu atau mengalami gangguan konstipasi.

2. Obesitas

Memakan mi instan yang notabene memiliki kandungan kalori lebih besar dibanding nasi, jagung atau kentang pada porsi yang sama. Asupan kalori yang berlebihan dapat menyebabkan obesitas atau berat badan berlebih.

3. Alami gangguan ginjal

Dalam mi instan diketahui mengandung senyawa propilene glicol. Semacam senyawa anti beku yang menjaga kelembaban mi agar mi tidak kering. 

Apabila seseorang kerap mengkonsumsi mi instan, senyawa propilene gkicol ini akan tertimbun dalam tubuh. Jika hal buruk terjadi, seperti mengalami kerusakan oleh senyawa tersebut adalah hati, ginjal dan liver. 

4. Menyebabkan kanker

Mi Instan mengandung senyawa BHA (butylated hydroxyanisole) dan TBHQ (Tertiary-Butylhydroquinone). Kedua senyawa tersebut bersifat karsinogenik yang menyebabkan penyakit kanker.

5. Hipertensi

Mi instan memiliki kandungan natrium atau garam yang tinggi. Jika tubuh banyak mengonsumsi natrium, tekanan darah akan meningkat. Hal ini menyebabkan resiko penyakit darah tinggi. 

Untuk mengurangi resiko daripada mengkonsumsi mi instan, alangkah baiknya mengkonsumsi dengan jumlah yang wajar dan dalam kurun waktu berjarak. Atau dapat menambahkan berbagai toping sayuran atau protein seperti telur atau daging ayam.

 

 

 

Temukan konten berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS