11:00 . Kopi Dicampur Kunyit Bisa Mencegah Diabetes? Ini Alasannya   |   10:00 . Trending Youtube, Lirik Lagu Ay-Yo - NCT 127 (Repackaged) Lengkap Beserta Terjemah Indonesia   |   09:00 . Harga Emas Antam Hari ini 31 Januari Turun di Level Rp1.027.000 Per Gram   |   08:00 . Keutamaan Mengamalkan Doa Sapu Jagat, Dibaca Setelah Sholat Fardhu   |   07:00 . Resep Prol Tape Tanpa Pakai Mixer, Bisa Langsung Dicoba di Rumah   |   18:00 . Ular Piton Sepanjang 4 Meter Ditemukan di Kandang Ayam Milik Warga di Tuban   |   17:00 . Satus Sengketa Tanah Warga dan Polri di Tuban, Adalah Lapangan Tembak Milik Polres   |   16:00 . Boster ke-2 Sudah Disediakan Bagi Masyarakat Tuban Untuk Cegah Varian Covid Lainnya   |   15:00 . Narapidana Terorisme asal Kudus Dibebaskan Bersyarat oleh Lapas Tuban   |   14:00 . Mengenal Ajian di Budaya Jawa yang Telah Ada Sejak Jaman Dulu   |   13:00 . Turun Rp5.000, Cabai Rawit di Tuban Kini Jadi Rp50.000/Kilogram   |   12:00 . 5 Lokasi Beli Ice Cream Enak dan Murah di Tuban   |   11:00 . Manfaat Bersihkan Area Gigi dengan Siwak, Sunnah Rasulullah Sejak Dulu   |   10:00 . Lirik Lagu No Comment - Tuty Wibowo Feat Bunda Corla Kembali Viral   |   09:00 . Penghujung Januari 2023, Harga Emas Antam Stagnan Selama 3 Hari di Level Rp1.029.000 Per Gram   |  
Tue, 31 January 2023
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

12 Spot Foto Keren Ini Wajib Kamu Coba Saat Liburan di Wisata Pelang Tuban

bloktuban.com | Saturday, 27 August 2022 06:00

12 Spot Foto Keren Ini Wajib Kamu Coba Saat Liburan di Wisata Pelang Tuban Ribuan ikan Mas di Wisata Pelang membikin pengunjung betah. (Foto:Silvia/blokTuban.com)

Kontributor : Silvia Dewi

blokTuban.com - Potensi Kabupaten Tuban sebagai salah satu destinasi wisata di Jawa Timur sudah tidak bisa diragukan lagi. Ada banyak wisata pantai, gua, air terjun, hingga wisata semi buatan yang bikin betah pengunjung. 

Salah satunya wisata Pelang yang terletak di Dusun Pelang, Desa Tahalu, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban. Suguhan pemandangan yang sejuk kebun sagu, menjadikan tempat indah dan bersih ini banyak menarik wisatawan lokal untuk melepas penat di tengah hiruk pikuk kesibukan. 

Di wisata air tersebut, juga ada 12 spot foto keren yang wajib dicoba oleh pengunjung. Spot foto tersebut diabadikan pengunjung di akun instagramnya yang membuat siapapun melihatnya ingin segera berlibur. 

Hasan selaku wakil pengelola wisata, menceritakan awal mula terbentuknya Wisata Pelang melewati perjalanan panjang. Di lokasi yang sekarang menjadi wisata, dulunya irigasi sawah yang kumuh dan kotor.

(Foto: Dilla-56)

(Foto: @Dilla-56)

"Dari situ para pemuda Dusun Pelang yang dasarnya peduli akan lingkungan ada inisiatif untuk membersihkan sampah di tempat ini. Setelah semuanya bersih pemuda di sini mulai ada inspirasi membuat hal kreatif, dengan meminta bantuan Lembaga swadaya masyarakat hingga terciptanya gubuk di bantaran sungai," ujarnya ketika diwawancarai, Sabtu (27/8/2022).  

(Foto: @Asmaanaumul)

Hasan juga menambahkan, setelah pembersihan sungai masyarakat sebenarnya tidak memiliki ide untuk menjadikan tempat tersebut wisata. Kendati demikian, lama kelamaan karena banyaknya warga lokal yang datang akhirnya tempat tersebut dibuka menjadi objek wisata.

(Foto : @Imaslashes)

"Dulunya tarif pembayaran seikhlasnya dengan menyediakan kotak di depan pintu masuk bagi warga dusun sini saja. Seiring membludaknya pengunjung kita membuat tarif untuk tiket dewasa Rp 3.000 dan anak - anak Rp 2.000," imbuhnya. 

(Foto : @Maftuchintbn)

Selain kebun sagu, pengunjung biasanya juga nyaman bermain dengan ikan Mas. Bahkan, ada yang percaya ribuan ikas Mas di sungai Pelang dapat menyembuhkan penyakit kulit yang diderita pengunjung. 

(Foto: @Muftichatin)

Sumiati salah satu pedagang Wisata Pelang, menambahkan di bulan Agustus 2022 omsetnya menurun dibanding bulan sebelumnya. Sebab di bulan kemerdekaan banyak acara dan kegiatan di setiap kecamatan. 

"Kalau akhir pekan tetap ramai, tetapi hari biasa cenderung sepi yang berlibur," tutupnya. [Sil/Ali]

(Foto : @Muftichatin)

(Foto : @Nurulmuslimatin21)

(Foto : @Rositafitriandhini)

(Foto: @Tubanhits)

(Foto : @wisatajatim)

Artikel ini hasil liputan kolaborasi anggota LPM Waskita Unirow dengan blokTuban.com.

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS 

Tag : Wisata Pelang Tuban, Spot Foto Keren, Liburan ke Tuban, Blok Tuban, Tuban Hari Ini, Berita Tuban, Kabupaten Tuban



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat