12 Spot Foto Keren Ini Wajib Kamu Coba Saat Liburan di Wisata Pelang Tuban

Kontributor : Silvia Dewi

blokTuban.com - Potensi Kabupaten Tuban sebagai salah satu destinasi wisata di Jawa Timur sudah tidak bisa diragukan lagi. Ada banyak wisata pantai, gua, air terjun, hingga wisata semi buatan yang bikin betah pengunjung. 

Salah satunya wisata Pelang yang terletak di Dusun Pelang, Desa Tahalu, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban. Suguhan pemandangan yang sejuk kebun sagu, menjadikan tempat indah dan bersih ini banyak menarik wisatawan lokal untuk melepas penat di tengah hiruk pikuk kesibukan. 

Di wisata air tersebut, juga ada 12 spot foto keren yang wajib dicoba oleh pengunjung. Spot foto tersebut diabadikan pengunjung di akun instagramnya yang membuat siapapun melihatnya ingin segera berlibur. 

Hasan selaku wakil pengelola wisata, menceritakan awal mula terbentuknya Wisata Pelang melewati perjalanan panjang. Di lokasi yang sekarang menjadi wisata, dulunya irigasi sawah yang kumuh dan kotor.

(Foto: Dilla-56)

(Foto: @Dilla-56)

"Dari situ para pemuda Dusun Pelang yang dasarnya peduli akan lingkungan ada inisiatif untuk membersihkan sampah di tempat ini. Setelah semuanya bersih pemuda di sini mulai ada inspirasi membuat hal kreatif, dengan meminta bantuan Lembaga swadaya masyarakat hingga terciptanya gubuk di bantaran sungai," ujarnya ketika diwawancarai, Sabtu (27/8/2022).  

(Foto: @Asmaanaumul)

Hasan juga menambahkan, setelah pembersihan sungai masyarakat sebenarnya tidak memiliki ide untuk menjadikan tempat tersebut wisata. Kendati demikian, lama kelamaan karena banyaknya warga lokal yang datang akhirnya tempat tersebut dibuka menjadi objek wisata.

(Foto : @Imaslashes)

"Dulunya tarif pembayaran seikhlasnya dengan menyediakan kotak di depan pintu masuk bagi warga dusun sini saja. Seiring membludaknya pengunjung kita membuat tarif untuk tiket dewasa Rp 3.000 dan anak - anak Rp 2.000," imbuhnya. 

(Foto : @Maftuchintbn)

Selain kebun sagu, pengunjung biasanya juga nyaman bermain dengan ikan Mas. Bahkan, ada yang percaya ribuan ikas Mas di sungai Pelang dapat menyembuhkan penyakit kulit yang diderita pengunjung. 

(Foto: @Muftichatin)

Sumiati salah satu pedagang Wisata Pelang, menambahkan di bulan Agustus 2022 omsetnya menurun dibanding bulan sebelumnya. Sebab di bulan kemerdekaan banyak acara dan kegiatan di setiap kecamatan. 

"Kalau akhir pekan tetap ramai, tetapi hari biasa cenderung sepi yang berlibur," tutupnya. [Sil/Ali]

(Foto : @Muftichatin)

(Foto : @Nurulmuslimatin21)

(Foto : @Rositafitriandhini)

(Foto: @Tubanhits)

(Foto : @wisatajatim)

Artikel ini hasil liputan kolaborasi anggota LPM Waskita Unirow dengan blokTuban.com.

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS