Tahapan Verifikasi Administrasi Parpol Pemilu 2024 Rawan Sengketa

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Tahapan verifikasi administrasi Partai Politik (Parpol) Pemilu 2024 dinilai oleh KPU Jawa Timur rawan sengketa. Oleh sebab itu, devisi hukum dan pengawasan KPU di 38 kabupaten/kota di Jatim harus siap, Jumat (26/8/2022). 

Kesiapan tersebut mulai dari menjalankan seluruh tahapan, termasuk pelanggarannya. Mitigasi antisipasi berbagai persoalan dan sengketa dibahas dalam Rakor pada 25 Agustus 2022 kemarin. 

Komisioner KPU Jatim Muhammad Arbayanto menjelaskan, divisi hukum memang harus siap menghadapi seluruh tahapan yang mungkin muncul adanya pelanggaran. Seperti pelanggaran administrasi, pelanggaran etik, pelanggaran pidana, serta sengketa baik proses maupun hasil.

Arbayanto dalam rakor persiapan tahapan sengketa proses yang diikuti perwakilan KPU kabupaten/kota itu, menambahkan, Rakor di Kota Malang ini digelar menjelang berakhirnya tahapan verifikasi administrasi keanggotaan partai politik calon peserta Pemilu 2024 yang dilakukan KPU Kabupaten/kota.  

"Diperlukan langkah untuk memitigasi beberapa persoalan yang mungkin muncul," ujarnya dilansir dari Kominfo Jatim.

Baca juga :

Catut Jurnalis Sebagai Anggota Parpol, Ketua DPD PAN Tuban: Minta Maaf dan Akui Salah

Heboh Sejumlah Jurnalis dan Organisasi Pemuda di Tuban Terdaftar Anggota Parpol

Ini Link Posko Aduan Bawaslu Tuban yang Dapat Diakses Publik

Komisioner KPU RI Mochammad Afifuddin yang juga hadir mengatakan, pihaknya memang ingin meningkatkan kapasitas dan kompetensi divisi hukum untuk persiapan dalam menghadapi sengketa. 

"Sangat perlu adanya peningkatan kapasitas jajaran anggota KPU," sambungnya. 

Afifuddin menilai perlu ada kajian dan identifikasi berbagai masalah hukum. Sekaligus memformulasikan mekanisme menghadapi pelanggaran administrasi dan sengketa. 

Selain memperkuat kapasitas, Afif mengatakan jika pihaknya bakal memperkuat dukungan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) untuk memaksimalkan fungsi pengawasan oleh Inspektorat. 

Selain Afif, Komisioner KPU Jatim Gogot Cahyo Baskoro, Insan Qoriawan dan Sekretaris Nanik Karsini juga ikut hadir dalam Raor di Malang itu. [Ali]

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS