HUT ke-77 RI: SH Terate Tuban Loyal Pertahankan NKRI

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Sesuai perintah Ketua Umum SH Terate pusat, SH Terate Cabang Tuban melaksanakan upacara bendera memperingati HUT ke-77 Kemerdekaan RI di Padepokan Cabang Tuban, serta di seluruh ranting dan rayon se-Cabang Tuban. Hal itu telah diinstruksikan kepada seluruh jajaran pengurus, Rabu (17/8/2022). 

Ketua SH Terate Tuban, Lamidi menjelaskan, upacara bendera HUT Kemerdekaan RI ke-77 serentak dilakukan di seluruh jajaran ini sebuah pembuktian bahwa keluarga besar  SH Terate sangat loyal dalam mempertahankan NKRI. Selain itu, sebagai warga SH Terate juga harus turut serta Memayu Hayuning Bawono karena hal itu sejalan dengan ajaran Di SH Terate.

“Kami ucapkan terimakasih kepada saudara-saudara, yang sudah turut serta melaksanakan kegiatan peringatan HUT Kemerdekaan RI ini. Dan semoga tahun depan kita bisa ikut serta melaksanakan kembali kegiatan kemerdekaan RI ini,” ujarnya.

Baca juga :

- Pernyataan Resmi Sh Terate Soal Beberapa Kejadian di Tuban

5 Perguruan Silat Jenu Komitmen Ciptakan Suasana Kondusif di Kawasan Industri

Setelah Aksi Sosial, PSHT Kerek Bagikan Ratusan Sembako Untuk Korban Banjir

Disambung Ketua Dewan Cabang SH Terate Tuban, Sumarno menegaskan, sebagai warga SH Terate diharapkan terus mengingat kembali perjuangan dikala masa penjajahan. 

Saat itu, para pendiri SH Terate mendidik pemuda untuk memiliki sifat kesatria untuk menjadi manusia yang berbudi luhur dan orang yang mempertahankan negaranya.“Mari saudara-sadaraku warga SH Terate yang saat ini masih dapat menikmati kemerdekaan Ini, kita harus tetap bersyukur dan turut serta mengisi dan menjaga kemerdekaan ini,” harapnya.

Di hari kemerdekaan ini, dilaksanakan sesuai dengan ajaran SH Terate, yakni dengan  Budi Pekerti Luhur dengan menanamkan  dan merasakan serta berberilaku dengan baik. Karena sebagai warga SH Terate harus menjadi teladan bagi masyarakat.

“Mari kita jalankan ajaran kita dengan baik, dan jangan sampai terpengaruh hal -hal negatif. Baik itu dari sisi teknologi informatika dan perilaku yang menyimpang dari ajaran SH Terate,” harapnya.

Sebatas diketahui, pendiri Persaudaraan Setia Hati Terate (SH Terate), Ki Hadjar Hardjo Oetomo merupakan Pahlawan Perintis Kemerdekaan RI. Memiliki jiwa nasionalisme dan patriotisme yang terus diwariskan kepada setiap warga SH Terate. Hal itu tertuang dalam ajaran bahkan jelas tertulis dalam mars SH Terate.

Sh Terate juga telah melaksanakan Ikrar kesetiaan keluarga besar SH Terate kepada bangsa dan negara. Yakni apabila Pancasila, Undang-Undang 1945, Bhineka Tunggal Ika, negara kesatuan Republik Indonesia (NKRI) diusik, maka seluruh pendekar SH Terate akan berjuang mempertahankan sampai titik darah penghabisan. [Ali]

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS