Begini Cara Mengolah Buah Siwalan Khas Tuban Jadi Kue Bercita Rasa Lezat

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Buah siwalan atau buah lontar merupakan salah satu buah yang banyak tumbuh di Kabupaten Tuban, sehingga sangat mudah untuk menemukannya ketika berkunjung ke Bumi Wali sebutan untuk Kabupaten Tuban. 

Maka tak heran, jika buah berwarna putih dengan tekstur kenyal ini menjadi ciri khas dan kerap kali menjadi oleh-oleh khas dari Kabupaten Tuban. Biasanya, masyarakat juga sering mengolah makanan satu ini sebagai minuman bercita rasa segar. 

Namun siapa sangka, jika buah siwalan ternyata juga bisa diolah menjadi kue dengan cita rasa lezat, seperti yang dilakukan oleh para Siswa-siswi SMKN 3 Tuban Jurusan Tataboga, yang berhasil megubah buah siwalan menjadi kue dengan nama Siwalan Crunchy Puff. 

Terkait: Cantiknya Kue Siwalan Crunchy Puff Tuban, Cocok Dijadikan Oleh-oleh saat Liburan

Menurut Kepala Jurusan Tataboga sekaligus Guru SMKN 3 Tuban, Fathia Rosyda mengatakan jika untuk membuat Siwalan Crunchy Puff bukanlah hal yang mudah, sebab butuh waktu berminggu-minggu untuk dapat menghasilkan resep yang sesuai. 

“Eksperimennya itu dua mingguan mulai dari menakar gulanya, terus perbandingan siwalan yang diblender sama yang diiris tipis-tipis nya itu seberapa. Biar ada tekstur siwalan yang kenyal sama buat bahan pengental dari siwalannya itu,” paparnya kepada bloTuban.com saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (16/8/2022). 

Untuk membuat Siwalan Crunchy Puff ini sendiri, langkah pertama yang harus dilakukan ialah menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan. Seperti buah siwalan, gula merah, air, dan juga kayu manis. 

Terkait: Keren! Di Tangan Siswa SMKN 3 Tuban, Buah Siwalan Jadi Kue Beraneka Rasa

Setelah bahan sudah siap, untuk selanjutnya ialah mengupas kulit dari buah siwalan satu persatu, barulah kemudian diiris dengan bentuk kotak-kotak. Kemudian, masak seluruh bahan yang telah disiapkan hingga mengental. 

“Prosesnya sebenarnya lama, karena awalnya harus buat kulitnya pastry nya itu biasanya seharian, harus masuk kulkas dulu digilas, lipat masuk kulkas gtu lagi. Terus buat selai dari siwalan sama gula arennya, jadi siwalannya dibagi jadi dua ada yang diblender dan diiris-iris kota, biar ada tekstur kenyal nya,” jelasnya. 

Terkait: 2 Buah Ikon Tuban Ada di Alun-alun, Ukurannya Raksasa

Berikutnya, setelah bahan selai atau isian sudah dingin, maka selai ke tengah adonan pastry yang sudah di resting sebelumnya dan bentuk sesuai yang diinginkan. Selanjutnya, barulah kue dipanggang ke dalam oven dengan suhu 190 derajat celcius selama 40 menit. 

Setelah 40 menit berjalan, kemudian angkat roti yang sudah matang dari oven dan kemas sesuai dengan keinginan. [Sav/Dwi]

 

 

 

Temukan konten berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS