Batagor Cireng di GOR Tuban, Jajanan Sejuta Umat yang Kuat Bumbu Kacangnya

Kontributor : Tazkiya Aulia Putri

blokTuban.com - Siapa sih yang tak kenal dengan camilan batagor?. Ada yang mengatakan bahwa batagor merupakan camilan sejuta umat. Sebab, makanan pengganti nasi itu terbuat dar perpaduan antara tahu, pentol, cireng, timun dengan bumbu kacang dapat menjadikan rasanya begitu serasi, Selasa (16/8/2022).  

Semua rasa yang terkumpul membuat siapa saja yang mencobanya akan ketagihan. Harganya pun bersahabat dan tetap mengenyangkan, membuat batagor menjadi alternaltif untuk menganjal perut yang keroncongan. 

Dari sekian rentetan jajanan kaki lima di sekitar GOR Tuban, Batagor cireng menjadi salah satu rujukan yang wajib untuk dibeli. Satu hal yang menjadi pembeda dari batagor lainnya yaitu terletak pada bumbu kacangnya. 

Karena bumbu adalah kunci dari kesan rasa yang diberikan. Tentu saja! jika kita pikir rasa dari tahu, timun sudah pasti sama. Tak hanya bumbu, cireng yang disajikan pun berbeda, lebih kenyal dan wangi. 

Baca juga :

Resep Keju Aroma, Jajanan Kekinian Cocok Untuk Ide Jualan dari Rumah

Resep Lemper Ayam yang Tahan Lama, Wajib Dicoba!

Mudah! Begini Cara Membuat Martabak Telur Puyuh, Jajanan yang Digemari Anak Tuban

Batagor Cireng ini dijual mulai dari 3.000 rupiah. Dengan harga yang bersahabat, mayoritas dari pembelinya pun beragam mulai dari pelajar hingga orang tua. 

"Mayoritas pembelinya anak sekolah, guru, ibu-ibu, ya umumlah," Ungkap Ibu Rohmah, penjual Batagor Cireng di GOR Tuban. 

Camilan sejuta umat tersebut, lanjutnya dapat ditemui di depan SMPN 3 Tuban tepatnya di Jalan Sunan Kalijogo Tuban. Biasanya buka mulai dari pukul 08.00 Wib dan tutup sekitar pukul 16.00 Wib. Namun, untuk tutupnya tidak menentu terkadang jam 3 sore sudah tutup, tergantung dengan habisnya batagor yang terjual. 

Label camilan sejuta umat memang benar, dilihat dari porsi batagor yang terjual dalam sehari sampai tidak terhitung. 

Rohmah mengaku sudah 16 tahun berjualan batagor di depan GOR. Dari sepinya pedagang di sekitaran GOR hingga sekarang bermacam-macam jenis penjual jajanan kaki lima. 

‌"Dulu kan masih sepi penjual ya, yang berjualan baru sedikit, sekarang kan sudah banyak jajanan korea," jelas Rohmah sembari mengoreng cireng itu. [Put/Ali]

Artikel ini merupakan kolaborasi Tazkiya Aulia Putri, peserta magang LPM Unirow Tuban dengan blokTuban.com. 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS