Jangan Sampai Salah, Ini Pakaian 1.250 Peserta yang akan Ikuti Upacara HUT ke-77 RI di Gedung Grahadi

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Hanya kurang dari 12 jam, kuota undangan upacara peringatan HUT ke-77 RI di Gedung Negara Grahadi ludes diserbu masyarakat dari berbagai wilayah di Jawa Timur. Pemerintah Provinsi Jatim menyediakan 1.250 kuota lewat online dan langsung terpenuhi sebelum pukul 12.00 Wib, Senin (8/8/2022). 

Dari seribu lebih peserta undangan tersebut, akan dibagi di upacara detik-detik proklamasi pagi kurang lebih 500 orang. Lalu, pada upacara penurunan bendera sore hari akan diikuti 750 orang. 

"Ini menunjukkan semangat mereka yang luar biasa untuk menyambut momentum Hari Kemerdekaan Republik Indonesia," ujar Gubernur Khofifah ddikutip dari laman Kominfo Jatim. 

Undangan peserta yang telah mendaftar via online dibagi dalam dua kebijakan. Pertama, untuk masyarakat yang telah mendaftar dan berdomisili di kawasan Gerbang Kertasusila (Gresik, Bangkalan, Mojokerto, Surabaya, Sidoarjo, Lamongan, dan Jombang).

Baca juga : 

Melebihi Nasional, Kinerja Ekonomi Jatim Juga Tertinggi Se-Pulau Jawa

Di bawah DKI Jakarta, Gubernur Khofifah Minta Pengusaha APINDO Pertahankan Iklim EKonomi Jatim

Selanjutnya dapat mengambil undangan fisik di Kantor Biro Administrasi Pimpinan di Lantai 7 Kantor Gubernur Jatim, Jl. Pahlawan no. 110 Surabaya. Saat pengambilan, mereka wajib menunjukkan KTP asli dan bukti cetak e-tiket.

"Untuk pendaftar yang tinggal di luar kawasan tersebut akan menerima undangan fisik  secara langsung pada alamat yang telah mereka daftarkan," imbuh Gubernur. 

Kendati antusiasme begitu besar, Gubernur Khofifah tetap berpesan agar masyarakat yang telah terdaftar tetap mematuhi peraturan yang telah tertera dalam undangan. Yakni dengan menjaga protokol kesehatan dan memakai pakaian yang telah ditetapkan. 

"Seperti yang sudah dicantumkan di pengumuman, untuk tamu laki-laki harus memakai batik lengan panjang. Sedangkan untuk perempuan, cukup memakai pakaian yang sopan. Dan jangan lupa untuk tetap menggunakan masker dan tidak telat datang," pesannya. 

Di akhir, Gubernur Khofifah membesarkan hati warga yang kehabisan kuota undangan. Sebab menurutnya, masih banyak hal yang dapat dilakukan untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan RI. 

"Bagi yang belum beruntung, mohon bersabar. Karena memaknai kemerdekaan itu bukan sekedar ikut upacara dan menyaksikan pengibaran bendera. Banyak yang bisa dilakukan untuk memeriahkan. Seperti menjaga harmoni , saling menghormati dan saling menghargai  antar warga juga bagian untuk menjaga kemerdekaan ini," tuturnya. 

Sebagai informasi, pelaksanaan Upacara Detik-detik Proklamasi akan dilakukan pada 17 Agustus 2022 pada pukul 08.00 WIB. Sedangkan untuk Upacara Penurunan Bendera akan dilakukan pada hari yang sama pukul 15.00 WIB. Bagi undangan yang mengikuti kedua prosesi upacara tersebut akan menerima e-sertifikat dan goodie bag dari Gubernur Jawa Timur. [Ali]

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS