Berikut Ini Waktu Mustajab Terkabulnya Doa-Doa di Hari Jumat

Oleh : Dwi Rahayu

blokTuban.com - Ada waktu mustajab agar doa yang dipanjatkan dikabulkan oleh Allah SWT. Utamanya pada hari Jumat, hari suci umat muslim.

Beberapa ulama berpendapat waktu mustajab agar doa terkabul adalah pada jam menjelang maghrib, ba'da ashar. Tepatnya sekitar setengah atau satu jam menjelang kumandang adzan magrib.

Seperti yang dilansir dari NU Online, pendapat tersebut di atas berdasarkan hadist berikut: 

يوم الجمعة اثنتا عشرة ساعة منها ساعة لا يوجد عبد مسلم يسأل الله شيئا إلا أتاه إياه فالتمسوها آخر ساعة بعد العصر 

Artinya: “Dua belas jam pada hari Jumat di antaranya terdapat waktu yang seorang hamba Muslim tidaklah meminta sesuatu kepada Allah di waktu tersebut, kecuali Allah mengabulkan permintaannya. Maka carilah waktu tersebut di akhir waktu setelah Ashar.” (HR. Abu Daud, al-Nasa’i, al-Hakim dan al-Baihaqi).

Sementara itu, mendiang Syeikh Ali jaber dalam siaran YouTube Taman Surga.Net, menyatakan berdasarkan hadist untuk waktu terbaik untuk berdoa ialah satu jam sebelum maghrib."Kira-kira kalau waktu Maghrib jam 18.00, berarti mulai (berdoa) dari jam 17.00," kata Syeikh Ali Jaber.

Sementara itu terdapat perbedaan pendapat dari hadits riwayat Imam Muslim, waktu kustajab atau agar doa diijabah oleh Allah SWT di antara duduknya khatib di atas mimbar hingga Imam shalat Jumat menyelesaikan shalat Jumat. 

Al-Imam An-Nawawi mengatakan:

 Ø³Ø§Ø¹Ø© الإجابة هي ما بين أن يجلس الإمام على المنبر أول صعوده إلى أن يقضي الإمام الصلاة ثبت هذا في صحيح مسلم من كلام رسول الله صلى الله عليه Ùˆ سلم من رواية أبي موسى الأشعري وقيل فيها اقوال كثيرة مشهورة غير هذا اشهرها أنها بعد العصر والصواب الأول 

Artinya, “Waktu ijabah adalah waktu di antara duduknya khatib di atas mimbar saat pertama kali ia naik hingga imam shalat Jumat menyelesaikan shalatnya. Hal ini sesuai dengan keterangan dalam Shahih Muslim dari sabda Nabi, riwayat Sahabat Abi Musa Al-Asy’ari. Pendapat lain mengatakan, ada beberapa versi yang banyak dan masyhur selain pendapat yang pertama. Yang paling masyhur adalah setelah Ashar hari Jumat. Pendapat yang benar adalah yang pertama,” (Lihat Al-Imam An-Nawawi, Tahriru Alfazhit Tanbih, juz I, halaman 87).

Demikian waktu tertentu yang mana merupakan waktu mustajab doa dikabulkan oleh Allah SWT. Sedangkan doa apa saja yang harus dibaca? Bacaan doa menyesuaikan pribadi  masing-masing. 

Beberapa amalan atau doa yang dapat dipanjatkan di waktu penghujung ashar diantaranya membaca: sholawat Nabi, doa memohon ampunan, doa meminta rezeki dan lain sebagainya. Semoga bermanfaat. [dwi]

 

 

 

Temukan konten berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS