5 Pesona di Tuban Ini Bikin Mata Susah Berkedip

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Akhir pekan menjadi waktu yang paling ditunggu bagi para pekerja pagi hingga malam. Hari Sabtu dan Minggu menjadi waktu intim, bercanda dan tertawa bersama keluarga tercinta. 

Bagi warga Jawa Timur atau Jawa Tengah yang masih bingung mau berlibur ke mana, Tuban kayaknya menjadi lokasi tujuan yang cocok. Setidaknya ada lima pesona di Tuban yang wajib dikunjungi, mulai dari gua, museum, hingga air terjun yang menawan. 

Untuk harga tiketnya, tentu sanat terjangkau dan dijamin tidak membuat kantong bolong. blokTuban.com telah merangkum lima pesona di Tuban beserta rutenya, sehingg pengunjung dapat dengan mudah menuju lokasi. 

1. Gua Akbar

Gua satu ini menjadi salah satu wisata alami di Kabupaten Tuban tepatnya di Kelurahan Gedongombo, Kecamatan Semanding. Jika anda dari Alun-alun Tuban, cukup lurus menyusuri Jalan Veteran, lalu belok ke kiri Jalan Basuki Rahmat Tuban. 

Setibanya di pertigaan Bank Jatim, anda belok kanan ke Jalan Brawijaya dan menuju arah perempatan kapur. Kurang dari 50 meter, ada pertigaan dan anda belok ke kiri Ikuti saja jalan menuju Pasar Bongkaran, di sana ada pertigaan lagi dan belok ke kanan. 

Yah, anda sudah sampai di depan pintu masuk Gua Akbar yang lokasinya berada di belakang Pasar Baru Tuban. Harga tiket untuk masuk ke dalam wisata ini yaitu Rp.4.000 (weekday) dan Rp.10.000 (weekend), anda dapat berkeliling sepuasnya di dalam gua dengan spot foto yang ciamik. 

2. Gua Putri Asih

Gua ini terletak di tengah Hutan, Dusun Nguluhan, Desa Guwoterus, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban. Cukup dengan membayar tiket Rp10.000, anda dapat merasakan pesona keindangan gua tersebut.

Meskipun letaknya di tengah hutan, pengunjung yang membawa mobil tidak usah khwatir karena kondisi jalannya sudah bagus sampai di depan mulut gua. Suasana di dalam Gua Putri Asih berbeda dengan gua pada umumnya yang cenderung pengap. Di Gua ini banyak ventilasi udaranya, sehingga anda saat menyusuri rute tidak takut sesak nafas. 

Baca Juga :

Resep Lemper Ayam yang Tahan Lama, Wajib Dicoba!

12 Warung Rujak Terenak di Tuban, Sudah Coba yang Mana!

3. Museum Kambang Putih

Musem Tuban ini terletak di Jalan Kartini Tuban atau sebelah selatannya Alun-alun dan baratnya Kantor Bupati Tuban. Bangunan museum Kambang Putih hanya satu lantai dengan luas sekitar 150 m2, dan mampu menampung koleksi mencapai 600 benda sejarah. 

Koleksi di Museum Kambang Putih mayoritas peralatan laut yang didapatkan dari penyelaman di laut terutama di Pantai Boom Tuban. Hal tersebut dikarenakan pada zaman dahulu Pantai Boom merupakan pelabuhan terbesar berskala Internasional, sehingga menyimpan banyak benda-benda yang berkaitan dengan perlengkapan kelautan dari berbagai negara.

4. Air Terjun Nglirip

Letaknya di Desa MUlyoagung, Kecamatan Singgahan, Kabupaten Tuban dan menjadi wisata andalan di Tuban selatan. Jika memulai perjalanan dari pusat Kota Tuban, pengunjung harus menempuh jarak sekitar 33 kilo meter untuk tiba di air terjun Nglirip. 

Di wisata tersebut memiliki pesona alam yang indah dengan derasnya air terjun dengan bebatuan yang memberikan kesegaran serta memanjakan para pengunjung. Menjelang libur hari lebaran, pengelola menambahkan beberapa spot foto yang menarik. Tiket masuk ke wisata alam tersebut kisaran Rp5.000 sampai Rp10.000 per orang. 

5. Sumber Air Mata Krawak

Sumber air ini menjadi favorit bagi pengunjung yang suka berenang bebas di sungai. Airnya yang jernih dan menyegarkan sering membuat betah pengunjung dari pagi sampai sore hari. Salah satu lokasi favorit pengunjung yang ingin berenang bernama Kedung Londo, konon tempat tersebut menjadi lokasi orang Belanda mandi. 

Namun demikian, pengunjung yang tidak bisa berenang jangan berani mencoba berenang sebab lokasi Kedung Londo cukup dalam. Disarankan jika ingin berenang dapat membawa pelampung dari rumah. 

Itulah lima pesona di Kabupaten Tuban yang dapat diselesai di kunjungi dalam waktu sehari. Selamat liburan sibat blokers!. [Ali]

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS