22:00 . Warga Bojonegoro Jadi Pemenang Lomba Kicau Nasional di Tuban, Burungnya Ditawar Rp100 Juta   |   21:00 . Desa Klotok Tuban Sukses Gelar Festival Layang-layang Nasional 2022   |   20:00 . Beruntungnya Punya Nama Agus dan Berakhiran Tie Dapat Nasi Kemerdekaan di Warung Tuban Ini   |   19:00 . Ratusan Burung 6 Jenis Ini Tampil Memukau di Lomba Kicau Nasional di Tuban   |   18:00 . 7 Rekomendasi Sewa Kostum dan Rias di Tuban Cocok untuk Karnaval Kemerdekaan   |   17:00 . Di bawah DKI Jakarta, Gubernur Khofifah Minta Pengusaha APINDO Pertahankan Iklim EKonomi Jatim   |   16:00 . Setelah Minyak Goreng Kemasan Turun, Hari Ini Sembako di Tuban Stabil   |   15:00 . Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda   |   14:00 . Lulus Predikat Membanggakan, 54 Siswa Permadani Tuban di Wisuda   |   13:00 . Kabar Baik, 4 Zodiak Berikut ini Hidup Berkelimpahan di Bulan Agustus   |   12:00 . Bediang Berujung Petaka, Warga Tuban Kehilangan Rumah, Kandang dan Tiga Kambing   |   11:00 . Dok! PA Kabulkan Dispensasi Nikah Santriwati Korban Pencabulan Anak Kiai di Tuban   |   10:00 . Jelang HUT RI ke-77 Tahun, Persewaan Kostum Karnaval di Tuban Kebanjiran Orderan   |   09:00 . Lirik Lagu FOREVER 1 - Girls' Generation/ SNSD - SMTOWN   |   08:00 . Ini Niat Puasa Sunnah Asyura 10 Muharram, Ketahui Keutamaannya   |  
Mon, 08 August 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

5 Pesona di Tuban Ini Bikin Mata Susah Berkedip

bloktuban.com | Friday, 05 August 2022 18:00

5 Pesona di Tuban Ini Bikin Mata Susah Berkedip Potret Gua Akbar di Kabupaten Tuban. (Ist)

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Akhir pekan menjadi waktu yang paling ditunggu bagi para pekerja pagi hingga malam. Hari Sabtu dan Minggu menjadi waktu intim, bercanda dan tertawa bersama keluarga tercinta. 

Bagi warga Jawa Timur atau Jawa Tengah yang masih bingung mau berlibur ke mana, Tuban kayaknya menjadi lokasi tujuan yang cocok. Setidaknya ada lima pesona di Tuban yang wajib dikunjungi, mulai dari gua, museum, hingga air terjun yang menawan. 

Untuk harga tiketnya, tentu sanat terjangkau dan dijamin tidak membuat kantong bolong. blokTuban.com telah merangkum lima pesona di Tuban beserta rutenya, sehingg pengunjung dapat dengan mudah menuju lokasi. 

1. Gua Akbar

Gua satu ini menjadi salah satu wisata alami di Kabupaten Tuban tepatnya di Kelurahan Gedongombo, Kecamatan Semanding. Jika anda dari Alun-alun Tuban, cukup lurus menyusuri Jalan Veteran, lalu belok ke kiri Jalan Basuki Rahmat Tuban. 

Setibanya di pertigaan Bank Jatim, anda belok kanan ke Jalan Brawijaya dan menuju arah perempatan kapur. Kurang dari 50 meter, ada pertigaan dan anda belok ke kiri Ikuti saja jalan menuju Pasar Bongkaran, di sana ada pertigaan lagi dan belok ke kanan. 

Yah, anda sudah sampai di depan pintu masuk Gua Akbar yang lokasinya berada di belakang Pasar Baru Tuban. Harga tiket untuk masuk ke dalam wisata ini yaitu Rp.4.000 (weekday) dan Rp.10.000 (weekend), anda dapat berkeliling sepuasnya di dalam gua dengan spot foto yang ciamik. 

2. Gua Putri Asih

Gua ini terletak di tengah Hutan, Dusun Nguluhan, Desa Guwoterus, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban. Cukup dengan membayar tiket Rp10.000, anda dapat merasakan pesona keindangan gua tersebut.

Meskipun letaknya di tengah hutan, pengunjung yang membawa mobil tidak usah khwatir karena kondisi jalannya sudah bagus sampai di depan mulut gua. Suasana di dalam Gua Putri Asih berbeda dengan gua pada umumnya yang cenderung pengap. Di Gua ini banyak ventilasi udaranya, sehingga anda saat menyusuri rute tidak takut sesak nafas. 

Baca Juga :

Resep Lemper Ayam yang Tahan Lama, Wajib Dicoba!

12 Warung Rujak Terenak di Tuban, Sudah Coba yang Mana!

3. Museum Kambang Putih

Musem Tuban ini terletak di Jalan Kartini Tuban atau sebelah selatannya Alun-alun dan baratnya Kantor Bupati Tuban. Bangunan museum Kambang Putih hanya satu lantai dengan luas sekitar 150 m2, dan mampu menampung koleksi mencapai 600 benda sejarah. 

Koleksi di Museum Kambang Putih mayoritas peralatan laut yang didapatkan dari penyelaman di laut terutama di Pantai Boom Tuban. Hal tersebut dikarenakan pada zaman dahulu Pantai Boom merupakan pelabuhan terbesar berskala Internasional, sehingga menyimpan banyak benda-benda yang berkaitan dengan perlengkapan kelautan dari berbagai negara.

4. Air Terjun Nglirip

Letaknya di Desa MUlyoagung, Kecamatan Singgahan, Kabupaten Tuban dan menjadi wisata andalan di Tuban selatan. Jika memulai perjalanan dari pusat Kota Tuban, pengunjung harus menempuh jarak sekitar 33 kilo meter untuk tiba di air terjun Nglirip. 

Di wisata tersebut memiliki pesona alam yang indah dengan derasnya air terjun dengan bebatuan yang memberikan kesegaran serta memanjakan para pengunjung. Menjelang libur hari lebaran, pengelola menambahkan beberapa spot foto yang menarik. Tiket masuk ke wisata alam tersebut kisaran Rp5.000 sampai Rp10.000 per orang. 

5. Sumber Air Mata Krawak

Sumber air ini menjadi favorit bagi pengunjung yang suka berenang bebas di sungai. Airnya yang jernih dan menyegarkan sering membuat betah pengunjung dari pagi sampai sore hari. Salah satu lokasi favorit pengunjung yang ingin berenang bernama Kedung Londo, konon tempat tersebut menjadi lokasi orang Belanda mandi. 

Namun demikian, pengunjung yang tidak bisa berenang jangan berani mencoba berenang sebab lokasi Kedung Londo cukup dalam. Disarankan jika ingin berenang dapat membawa pelampung dari rumah. 

Itulah lima pesona di Kabupaten Tuban yang dapat diselesai di kunjungi dalam waktu sehari. Selamat liburan sibat blokers!. [Ali]

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS

 

 

Tag : Pesona Tuban, Gua Tuban, Air Terjun Tuban, Blok Tuban, Tuban Hari Ini, Kabupaten Tuban, berita Tuban



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 07 August 2022 15:00

    Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda

    Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda Setiap pagi hari sejak sebulan lalu, kita sering merasakan dingin. Rasa dingin terasa lebih kuat saat menjelang pagi hari. Hal tersebut merupakan tanda terjadinya masa pancaroba atau bisa disebut dengan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat