Berstatus OTG Covid-19, 4 Orang Haji Asal Tuban Sudah Pulang ke Rumahnya

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Empat orang haji asal Kabupaten Tuban yang berstatus Orang Tanpa Gejala (OTG) Covid-19 telah diantarkan petugas pulang ke rumahnya. Jemaah haji yang terpapar Corona itu, dua orang gabung Kloter 1 dan dua lagi Kloter 2, Senin (18/7/2022). 

Kasi Penyelanggara Haji dan Umroh Kantor Kemenag Tuban, Ashabul Yamin mengatakan, keempat orang haji tersebut positif Corona dengan status OTG. Disinyalir mereka kelelahan perjalanan dari Bandara King Abdul Aziz, Jeddah Arab Saudi sampai Juanda dan ke Asrama Haji Surabaya. 

Terkait : Bergejala Covid-19, Seorang Haji Asal Tuban Dirawat di RS Haji, 9 Orang Tunggu Hasil PCR

"Jadi, keempatnya itu OTG. Perjalanan jauh berpengaruh pada kondisi kesehatan haji," kata Yamin dalam keterangannya ke media. 

Yamin menambahkan, empat orang haji OTG Corona itu diantar secara terpisah oleh petugas menggunakan kendaraan yang disediakan Pemprov Jatim. 

"Kemenag juga menyiapkan ambulans dan tim medis. Provinsi juga sudah siap sebagaimana komitmen Gubernur Jatim," imbuhnya. 

Terkait : Jemaah Haji Tuban akan Dipantau 21 Hari Sebagai Deteksi Dini 5 Penyakit Menular

Ia mengimbau kepada semua jemaah haji yang tiba di rumahnya agar selalu meningkatkan ibadahnya, serta kesehatan saat menerima tamu. Diberitakan sebelumnya, 446 orang Kloter 1 Tuban tiba di Kompi Senapan C521 Tuban sekitar pukul 14.45 Wib, dan 146 orang kloter 2 tiba di Tuban pukul 21.00 Wib. 

Petugas Penyelanggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Surabaya langsung memberikan penanganan khusus kepada seorang haji asal Kabupaten Tuban yang bergejala Covid-19. Total adal sembilan orang haji yang bergejala sama dan perlu swab PCR untuk mencegah masuknya virus lebih luas.

Haji asal Tuban tersebut kini dirawat di RS Haji. Kabar tersebut disampaikan Wakabid Kesehatan 1 PPIH Asrama Haji Embarkasi Surabaya Acub Zaenal dilansir dari JPNN, Minggu (17/7). [Ali]

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS