Jelang Tahun Ajaran Baru, Perlengkapan Sekolah di Tuban Laris Diborong Emak-Emak

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Menjelang datangnya tahun ajaran baru, rupanya membawa berkah tersendiri bagi  para pedagang perlengkapan sekolah di sejumlah daerah, termasuk di Kabupaten Tuban

Pasalnya, pada akhir libur sekolah ini, sejumlah toko perlengkapan sekolah laris manis diborong oleh para emak-emak. Salah satunya, toko milik Soimah yang berada di kawasan Pasar Baru Tuban. 

Dari pantauan blokTuban.com di lokasi, para emak-emak silih berganti mendatangi lapak Stationary milik Soimah guna membeli sejumlah perlengkapan sekolah, seperti buku tulis, sampul buku, kotak pensil dan beberapa perlengkapan lainnya. 

Terkait: Gandeng Sahabat Pertamina, SDN Rahayu Tuban Kembangkan Minuman Bunga Telang di Lomba sekolah Adiwiyata Nasional

“Untuk pembelian ini sudah dimulai sejak dua minggu yang lalu, jadi setelah liburan itu yang mulai libur kemarin sudah mulai beli buku semua,” terang Soimah kepada blokTuban.com saat ditemui di lapak jualannya. 

Menurutnya, satu minggu jelang tahun ajaran baru merupakan puncak dari para pembeli untuk melengkapi sejumlah peralatan sekolah yang dibutuhkan. Selain buku tulis, perempuan ramah ini juga menyediakan berbagai peralatan lain mulai dari alat tulis, kotak pensil, kaos kaki, sampul buku, hingga tas sekolah. 

Untuk harga yang ditawarkan perempuan 32 tahun ini juga terbilang lebih murah jika dibandingkan dengan toko modern. Dikatakannya, jika satu pack buku tulis dibandrolnya dengan kisaran harga Rp22 ribu hingga Rp55 ribu, tergantung merk dan ketebalan dari buku itu sendiri. 

Terkait:  Pembelajaran Tatap Muka Pasca Covid-19 Hidupkan Kembali Penjualan Peralatan Tulis di Tuban

“Sekarang memang kalau mau tahun ajaran baru, masuk sekolah itu memang relatif harganya naik terus, soalnya stock dari pabrik terus berkurang. Sementara ini, untuk grosir masih di bawah Rp30 ribu, untuk ecer sudah di atas Rp30 ribu, itu untuk merk yang sudah terkenal,” jelasnya. 

Sementara Lusi, salah seorang warga yang turut membeli sejumlah peralatan sekolah untuk anaknya mengaku sengaja mampir setelah membeli kebutuhan rumah tangga di pasar tradisional ini. 

Terkait: 49 Siswa SPN Polda Jatim Selesaikan Latja di Polres Tuban

Dalam kesempatan tersebut, perempuan asal Semanding ini mengaku membeli peralatan-peralatan pendukung pembelajaran seperti buku dan sejumlah peralatan tulis lainnya. 

“Habis dari belanja kebutuhan rumah terus mampir beli peralatan sekolah anak. Ini saya beli buku satu pack, pensil, sama sampul buku saja, anak saya masih kelas 3 SD jadi masih belum terlalu banyak,” katanya. [Sav/Dwi]

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS