3 Pemandian Air Panas di Tuban yang Cocok untuk Bersantai sambil Menikmati Alam

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Bagi anda yang ingin liburan ke pemandian air panas di Kabupaten Tuban yang cocok untuk bersantai sambil menikmati alam perlu mencoba ketiga lokasi ini. Rute dan harga tiket masuknya pun murah, menjadikan pemandian air panas di pesisir utara Jawa Timur yang berbatas dengan Jawa Tengah selalu ramai dikunjungi.

blokTuban.com telah merangkum 3 lokasi pemandian air panas yang lagi hits di Tuban. Kadar panas airnya tidak seketrem yang anda bayangkan. Simak ulasan berikut ini:

1. Wana Wisata Pemandian Air Panas Prataan

Wana Wisata Pemandian Air Panas Prataan terletak di Dusun Prataan, Desa Wukirharjo, Kecamatan Parengan, Kabupaten Tuban. Untuk fasilitasnya sendiri, Wana Wisata Air Panas Prataan memiliki kawasan yang sangat luas dan memiliki kolam air panas yang sangat nyaman.

Selain itu di sana terdapat sebuah wc umum jika kamu ingin membuang air kecil maupun besar. Di kawasan Wana Wisata Air Panas Prataan juga terdapat rumah makan dan warung jika kamu ingin membeli camilan.

Wana Wisata Air Panas Prataan juga memiliki area bermain untuk anak-anak, jadi kamu tidak perlu khawatir bila datang ke tempat wisata ini saat bersama anak-anak. Lalu kamu juga tidak perlu khawatir jika anak-anak bermain di kawasan kolam yang dalam karena di sana terdapat pengamanan yang sangat ketat dan ada penjaga disepanjang kawasan Wana Wisata Air Panas Prataan ini.

Wana Wisata Air Panas Prataan ini buka secara 24 Jam alias tidak pernah tutup. Harga tiketnya sendiri kamu hanya perlu membayar Rp.6000/orang saja. 

2. Pemandian Nganget Singgahan

Masih di kawasan Tuban selatan, juga terdapat pemandian Nganget yang terletak di Desa Kedungjambe, Kecamatan Singgahan, Kabupaten Tuban. Pemandian Nganget, demikianlah masyarakat setempat menyebut tempat sumber air panas yang mengandung zat belerang tersebut.

Tempat yang dikelola masyarakat setempat, serta digunakan sebagai pusat rehabilitas penyakit kusta ini sangat ramai didatangi para pengunjung. Semakain malam semakin ramai.

3. Pemandian Nganget Kenduruan

Keberadaan Pemandian Nganget yang diambilkan dari bahasa Jawa ngangeti atau hangat, terletak di petak 33 A dan B, RPH Kejuron, BKPH Bangilan, KPH Jatirogo. Lokasinya berada di Desa Sidorejo dan dipercaya dapat menjadi terapi untuk segala macam penyakit. 

Luas lokasi mata air Nganget sekitar 0,33 hektare (Ha), dengan suasana hutan yang ditumbuhi vegetasi rimba campur, antara lain didominasi Mindi, Panggang, Asem, Lumpit, Sawo Kecik, Mahoni, Flamboyan, Kesambi, Pleso, dan berbagai jenis buah buahan. 

Sedangkan fauna yang masih ada sekitar lokasi tampak terdapat burung Kutilang, Kadalan, Derkuku, dan burung kecil lainnya. Sedangkan jenis mamalia yang pernah ada di Nganget semisal monyet ekor panjang, walaupun sekarang sudah tidak pernah ditemukan.

Tiket masuk ke Nganget Kenduruan cuma Rp 8.000 per orang dan sudah termasuk biaya asuransi jiwa para pengunjung. Yuk, kalian ingin pilih yang mana untuk liburan?. [Ali]

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS