18:00 . Cegah Tipikor, Kejari Tuban Minta Masyarakat Tak Ragu Lapor   |   17:00 . Jangan Sepelekan Campak, Dampaknya Sebabkan Diare Berat hingga Kematian   |   16:00 . Trailer Film Malaysia Genre Horor - 'PULAU' Siapa Pergi Dia Mati   |   15:00 . Jadwal Tayang Bioskop NSC Tuban 27 Januari 2023: Ada 6 Film Pilihan untuk Kamu   |   14:00 . Hujan Petir Masih Berpotensi Guyur Tuban, Lamongan, dan Bojonegoro Hari Ini   |   13:00 . Unik !! Pohon Pisang di Plumpang Kabupaten Tuban Bercabang dan Berbuah 2 Tandan   |   12:00 . Update Sembako Tuban 27 Januari 2023: Cabai Biasa Turun Rp10.000, Telur Ayam Rp2.000/Kilogram   |   11:00 . Kasus Gizi Buruk Anak di Tuban Turun, Angkanya 21,5 % Level Nasional dan 19,2 % di Jatim   |   10:00 . Harga Emas Antam Hari ini 27 Januari 2023 Turun Rp5.000 Per Gram, Sejumlah Stock Kosong   |   09:00 . Desi Astutik Pendamping Produk Halal yang Getol Dampingi Pelaku UMKM   |   08:00 . Cara Rasulullah Berdzikir, Tanpa Alat Hanya Menggunakan Jari   |   07:00 . Resep Bolu Gulung Keju DEBM, Tanpa Menambahkan Tepung   |   20:00 . Miniatur Mobil Jadikan Pemuda Tuban Jutawan, Produknya Tembus Berbagai Kota   |   19:00 . 3.923 Anak di Tuban Putus Sekolah, Salah Satu Pemicunya Menikah Usia Dini   |   18:00 . Capaian Vaksin Booster di Tuban 34,42%   |  
Fri, 27 January 2023
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Tak Mau Salah Sasaran ETLE? Jual Kendaraan Wajib Lapor ke Samsat Tuban

bloktuban.com | Sunday, 03 July 2022 15:00

Tak Mau Salah Sasaran ETLE?  Jual Kendaraan Wajib Lapor ke Samsat Tuban Mobil INCAR Polres Tuban. (dok/blokTuban.com)

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Penerapan Elektronik Traffic Law Enforcemet (ETLE) atau tilang elektronik yang terpasang pada mobil Integrated Node Capture Attitude Record (INCAR) sudah diterapkan di Kabupaten Tuban sejak beberapa minggu yang lalu. 

Dengan demikian, masyarakat yang menjadi pelanggar lalulintas tidak akan lagi diberikan surat bukti pelanggaran (tilang) oleh petugas secara langsung. Akan tetapi, dikirimkan surat konfirmasi sesuai dengan data yang ada pada kendaraan. 

Berita terkait: Heboh Mobil Incar Masuk Pedesaan, Polres Tuban Ungkap Alasannya

 

Namun, adanya tilang elektronik ini juga tidak menutup kemungkinan akan terjadi salah sasaran. Selain karena pengemudi menggunakan nomor kendaraan palsu, kesalahan juga bisa disebabkan karena kendaraan sudah berpindah tangan. 

Menanggapi hal tersebut, KBO Polres Tuban, IPTU Sampir Santoso menyampaikan agar kendaraan bermotor yang sudah dijual atau berpindah tangan, maka sebaiknya segera melaporkan ke Samsat Tuban, agar tidak terjadi salah sasaran penilangan seperti yang terjadi beberapa waktu trakhir ini. 

Berita terkait: Waspada! Mobil INCAR Akan Segera Diterapkan Polres Tuban

“Ketika kendaraan anda sudah dijual yang seharusnya pemilik pertama ini melaporkan ke Samsat bahwa kendaraan saya sudah dijual, artinya nanti ketika orangnya akan memajakkan otomatis nanti akan terblokir dan itu harus balik nama,” terangnya kepada blokTuban.com saat ditemui di ruang kerjanya, Minggu (3/7/2022). 

Pasalnya, apabila kendaraan yang sudah berpindah tangan tetapi belum dibalik nama. Maka otomatis data yang ada di kepolisian masih atas nama pemilik lama atau tangan kesatu. Sehingga jika pemilik kendaraan yang baru melakukan pelanggaran, maka surat konfirmasi akan tetap dikirimkan ke alamat pemilik yang ada pada data yang dimiliki oleh kepolisian. 

Oleh karena itu, perlu adanya kesadaran yang tinggi dari masyarakat yang selama ini abai terhadap hal tersebut.

“Dia ngomong ke samsat bahwa sepeda motor ini atau mobil ini sudah saya jual, tolong diblokir ya atas nama saya, caranya begitu. Sehingga ketika ada pemberlakuan seperti ini, tidak terjadi sudah tiga tahun ternyata masih atas nama tangan pertama,” jelasnya. 

Berita terkait: Kena Tilang Elektronik, Segini Uang yang Harus Disiapkan Warga Tuban

Selain itu, IPTU Sampir juga menambahkan bahwa tujuan lainnya yaitu agar pemilik tangan pertama tidak lagi dikenakan tagihan pajak progresif ketika pihak kedua atau ketiga lupa menyuratkan kendaraan. 

Sekedar diketahui, untuk melaporkan kendaraan yang sudah terjual tersebut, maka masyarakat bisa langsung datang ke Samsat Tuban dengan membawa beberapa persyaratan, seperti fotocopy 2 lembar serta materai 10.000 sebanyak dua lembar. [Sav/Dwi]

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS. 

Tag : INCAR , ETLE, Samsat , berita tuban



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat