17:00 . Hibah Keagamaan Tuban 2022 Totalnya Rp4,75 Milyar, Insentif Ribuan Guru TPQ Telah Ditransfer   |   16:00 . KPU Jatim: Regulasi, Teknologi dan Kepemiluan Harus Dikuasai Seluruh Devisi KPU   |   15:00 . Makam Sakral di Desa Pakis Tuban Konon Mertua Ronggolawe   |   14:00 . Pemotor Tewas di Jalan Pantura Tuban Usai Menabrak Truk Parkir   |   13:00 . Persatu Tuban Diperkuat 13 Pemain Lokal, Pelatih Medy : Masih Kurang 12 Pemain Lagi   |   12:00 . Ini Rute Menuju Bukit Lei Tuban, Lokasi Liga Paralayang Jatim Seri 2   |   10:00 . Gubernur Khofifah dan Bupati Lindra Apresiasi Pasar Murah Ika Unair Tuban   |   09:00 . Harga Cabai dan Bawang Merah Tuban Anjlok, Sayur Mayur Merangkak Naik   |   08:00 . Sinopsis dan Deretan Artis di Film Horor Jailangkung Sandekala   |   07:00 . Ikuti Laga Persahabatan Trofeo Tuban, Cara TPPI FC Jaga Kebugaran Karyawan   |   06:00 . Prediksi Cuaca Tuban 26 September 2022: Sebagian Berawan   |   05:00 . Pengunjung Main Sepuasanya dengan Ikan Mas di Wisata Pelang Tuban   |   16:00 . Kondisi Akses Jalan di Desa Patihan Tuban Dikeluhkan Warga   |   15:00 . Kalpataru, Peninggalan Sunan Bonang Tuban Mengandung Pesan Kedamaian   |   14:00 . Enam Museum Indonesia Pamerkan Benda Bersejarah di Tuban   |  
Tue, 27 September 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Rakerwil AMSI Jatim Dalam Spirit of Majapahit akan Digelar di Kota Mojokerto

bloktuban.com | Thursday, 16 June 2022 19:00

Rakerwil AMSI Jatim Dalam Spirit of Majapahit akan Digelar di Kota Mojokerto Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Jawa Timur digelar 18 sampai 19 Juni 2022 di Kota Mojokerto. (dok.blokTuban.com)

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Jawa Timur bakal digelar di Kota Mojokerto. Rakerwil yang dijadwalkan pada 18 sampai 19 Juni 2022 itu akan dilengkapi dengan city tour di Bumi Majapahit.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Mojokerto, Santi Ratnaning Tias mengatakan, momen tersebut menjadi waktu yang tepat untuk mengenalkan potensi Kota Mojokerto kepada para pimpinan media, khususnya siber.

Baca Juga : AMSI Target 250 Orang Ikuti Pelatihan Literasi Berita di 10 Wilayah

Menurut Santi, Rakerwil AMSI Jatim itu bertepatan dengan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-104 Kota Mojokerto. Sehingga momen itu akan dimanfaatkan untuk mengenalkan potensi kota dengan tiga kecamatan tersebut.

"Terutama pariwisata dan UMKM. Dalam city tour nanti salah satu destinasi wisata yakni sekolah Soekarno kecil, yakni di SDN Purwotengah dan SMP Negeri 2. Selain ke sekolah Soekarno kecil, destinasi lainnya adalah kunjungan ke UMKM yang ada di Kota Mojokerto," terang Santi, Kamis (16/6/2022).

Baca Juga : AMSI Sempurnakan Modul Pelatihan Peningkatan Kualitas Media Digital

Selain city tour untuk anggota AMSI Jatim, HUT ke-104 Kota Mojokerto itu juga akan disemarakkan dengan berbagai acara yang digelar mulai 16 Juni hingga 1 Juli 2022. Di antaranya Kota Mojokerto bersholawat bersama Habib Syech pada 16 Juni 2022.

Lalu festival kuliner pada 17 Juni, Jatim Ampuh 24 Juni-1 Juli, Parade Mojo Bangkit 25 Juni, Job Fair dan pagelaran seni budaya pada 28 Juni, Parade Drum Band pada 29 Juni, Elingpiade 1 Juli serta penutupan Muhibah Budaya Jalur Rempah pada 2 hingga 3 Juli 2022.

Baca Juga : Lima Tahun Berdiri, AMSI Terus Kolaborasi untuk Ekosistem Media Digital Sehat dan Berkelanjutan

Sementara Ketua AMSI Jawa Timur, Arief Rahman menyebut bahwa pihaknya terus menegaskan komitmen untuk menyajikan informasi yang sehat dan konten berkualitas bagi publik. Sekaligus profesionalitas pengelolaan media yang berujung pada model bisnis era digital secara berkelanjutan (sustainable).

Menurut Arief, Rakerwil AMSI Jatim 2022 kali ini mengusung tema "Menuju Ekosistem Digital untuk Kebangkitan Ekonomi Kreatif dan UMKM Jawa Timur". 

Baca Juga : AMSI Konsisten Bangun Media Lokal untuk Kuatkan Ekosistem Media Digital di Indonesia

Dalam rangkaian Rakerwil ini, akan digelar pula seminar yang menghadirkan Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki sebagai keynote speaker. Adapun Wali Kota Mojokerto Hj Ika Puspitasari SE dan Direktur Utama PT Arkadia Digital Media, Suwarjono, dan Kukuh Dwi Kristianto Manager Regional Engangement & Sustainability PT HM Sampoerna Tbk., akan menjadi narasumber utama.

"Ini merupakan wujud kontribusi AMSI Jatim untuk membangun ekosistem digital berbasis bisnis kolaboratif. Mengingat masih banyak aspek yang perlu dibangun dalam penciptaan ekosistem digital yang terus berkembang secara eksponensial," terang Arief.

Baca Juga : Disinformasi Konten Digital Perlu Diperangi dengan Kolaborasi

Arief menambahkan, Rakerwil di Bumi Majapahit tersebut sekaligus menjadi penanda kebangkitan ekonomi kreatif dan UMKM Indonesia dalam percaturan global. 

"Kebesaran Majapahit memberikan teladan kuat bagi kita, Jawa Timur dan Indonesia, agar mampu menjadi global player melalui ujung tombak ekonomi," tegasnya.

Terpisah, Ketua Umum AMSI Pusat, Wenseslaus Manggut menjelaskan, konten yang sehat dan berkualitas akan membantu negara mengatur kehidupan bersama, meningkatkan kualitas berpolitik, kualitas demokrasi, menjaga kohesi sosial dan menghindarkan publik dari konten yang tidak sehat, bombastis, clickbait serta yang mencelakakan.

Baca Juga : Indonesia Fact-checking Summit 2021 akan Bahas Isu Krusial Periksa Fakta

"Konten berkualitas dan sehat itu adalah kebutuhan bersama. Karena itu harus ada upaya bersama untuk menjaganya," ujar Wenseslaus Manggut.

Di samping soal sumber daya manusia, masalah kita adalah bahwa ekosistem yang ada tidak memberi insentif untuk menjadi berkualitas. Seperti viral dengan clickbait sering kali lebih menguntungkan ketimbang konten yang mengikuti sekian petuah dalam ilmu jurnalisme.

Karena hal menyangkut kehidupan bersama, lanjut Wenseslaus Manggut, upaya yang digagas oleh tim media sustainability Dewan Pers, tentu bukan untuk kepentingan industri media belaka. Itu adalah jalan agar media tetap mengabdi kepada kepentingan publik, serta menguatkan unsur kepentingan bersamanya.

Baca Juga : AMSI-Internews-USAID Mentoring Program For Media blokTuban.com

"Semua elemen. Civil society, legislatif, para pebisnis, platform dan pemerintah harus mendukung upaya ini," tandasnya.

Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) AMSI Jatim 2022 ini didukung penuh oleh Pemerintah Kota Mojokerto, PT HM Sampoerna, Tbk., Djarum Foundation, PT Petrokimia Gresik, Pelindo, Indosat Ooredoo Hutchison, Telkomsel dan Grab. [Ali]

Temukan Konten Berita Tuban Menarik Lainnya di Google News.

Tag : Rakerwil AMSI, Kota Majapahit, Kota Mojokerto, Bumi Majapahit, berita Tuban, Kabupaten Tuban



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 20 September 2022 05:00

    Opini

    Menata (Serius) Kompetisi Olahraga ?

    Menata (Serius) Kompetisi Olahraga ? Ada celetukan yang sering muncul di antara teman-teman pelatih olahraga begini, latihan terus menerus tanpa bertanding itu sama artinya dengan merasa hebat tapi tidak teruji dan terbukti. Latihan terus tanpa...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat