Hendak Bepergian? Sebelum Kelura Rumah Jangan Lupa Baca Doa Ini Ya

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Banyak aktifitas yang kadang dilakukan di luar rumah. Nah sebelum keluar rumah entah untuk urusan menuntut ilmu, bekerja atau keperluan keluarga  dan sebagainya alangkah baiknya jangan lupa membaca doa berikut ini.

dilansir dari NU Online pada Minggu (12/6/2022) Islam menganjurkan ketika hendak keluar rumah untuk membaca doa agar senantiasa dilindungi dan dihindarkan dari mara bahaya oleh Allah SWT.

Berikut niat dan lafalnya:

بِسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ وَلا حَوْلَ وَلا قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّه

Bismillâhi tawakkaltu ‘alallâhi wa lâ haula wa lâ quwwata illâ billâhil ‘aliyyil ‘adhîm

 Artinya: Dengan nama Allah, aku bertawakal kepada Allah. Tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan (pertolongan) Allah.

Atau berdasakran sumber yang dapat dilihat di Muhyiddin Abi Zakariya Yahya ibn Syaraf an-Nawawi, Al-Adzkâr, Penerbit Al-Hidayah, Surabaya. 

Umat muslim dapat juga membaca doa versi berikut:

 Ø¨ÙØ³Ù’مِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ ØŒ اللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ أَنْ أَضِلَّ أَوْ أُضَلَّ، أَوْ أَزِلَّ أَوْ أُزَلَّ، أَوْ أَظْلِمَ أَوْ أُظْلَمَ، أَوْ أَجْهَلَ أَوْ يُجْهَلَ عَليَّ

Bismillâhi tawakkaltu ‘alallâhi, allâhumma innî a‘ûdzu bika an adlilla au udlalla, au azilla au uzalla, au adhlima au udhlama, au ajhala au yujhala ‘alayya.

Artinya: Dengan nama Allah, aku bertawakal kepada Allah. Ya Allah, aku berlindung dari berbuat sesat atau disesatkan, dari tergelincir atau digelincirkan, dari buat zalim atau dizalimi, dari kebodohan atau dibodohi.[Dwi]