Sepuluh Taruna Akpol Latihan di Polres Tuban, Begini Pesan Kapolres

Reporter : Sri Wiyono

blokTuban.com – Kapolres Tuban AKBP Darman memberikan pesan khusus pada Taruna Akpol yang menjalani latihan kerja di Polres Tuban.  Sepuluh Taruna Akademi Kepolisian (Akpol) tingkat II angkatan ke-55 yang terdiri dari 8 Taruna dan 2 Taruni melaksanakan Latihan kerja (Latja) di Polres Tuban selama 30 hari terhitung mulai tanggal 8 Juni hingga 7 Juli 2022.

Upacara penerimaan latihan kerja Taruna Akpol Batalyon "Satya Dharma" dilaksanakan di Gedung Sanika Satyawada Mapolres setempat dipimpin oleh Wakapolres Tuban Kompol Palma Fitria Fahlevi, S.IP., S.I.K., M.I.K., Kamis (09/06/2022) pagi.

Progam latihan kerja tersebut dilaksanakan sesuai dengan Keputusan Kepala Pendidikan dan Pelatihan (Kalemdiklat) Polri. Serta perintah, petunjuk dan arahan Gubernur Akpol tentang penyelenggaraan latihan kerja Bhayangkara muda Taruna Tingkat II angkatan ke-55 Batalyon "Satya Dharma".

Tujuannya, untuk mengaplikasikan pelajaran yang diperoleh Para Taruna selama mengikuti pendidikan dan sekaligus untuk mengetahui sejauh mana Taruna dapat memahami dan menghayati tugas pokok Polri pada fungsi teknis kepolisian.

Kepada peserta latihan kerja Kapolres Tuban AKBP Darman, S.I.K., menyampaikan beberapa pesan melalui amanat yang dibacakan oleh Wakapolres. Di antaranya agar para taruna mengenali karakteristik dan budaya masyarakat Tuban. Menjaga  sikap atau perilaku simpatik terhadap masyarakat dan sesama anggota Polri. Sehingga terjalin kemitraan yang erat dan harmonis.

Juga selalu melaksanakan komunikasi dan koordinasi dengan para perwira pembimbing teknis dalam menghadapi permasalahan yang terjadi selama Latja di lapangan. Menjaga citra baik almamater dan kesatuan tempat melaksanakan Latja, selamat berlatih tetap semangat dan jaga kebersamaan.

‘’Jangan sampai ada pelanggaran sekecil apapun selama pelaksanaan latja,’’ pesan Kapolres.

Usai pimpin upacara penerimaan latja, Kompol Palma menjelaskan kegiatan selama 30 hari itu ditekankan pada 5 fungsi teknis kepolisian.

"LIma fungsi teknis Kepolisian yakni fungsi Intelkam, Samapta, Binmas, Reskrim dan Lalulintas," jelas Kompol Palma.

Dengan mengaplikasikan pelajaran yang diperoleh para Taruna selama mengikuti pendidikan, latja ini untuk mengetahui sejauh mana Taruna dapat memahami dan menghayati tugas pokok Polri.[ono]