14:00 . Cabai dan Tomat di Tuban Turun Rp3.000, Telur Ayam Naik Rp1.833 per Kilogram   |   13:00 . Prediksi Cuaca Tuban 28 November: Hujan Merata di Siang Hari   |   12:00 . ASN Tuban Kebobolan Uang Rp10 Juta di Rekenig Tabungan BRI   |   11:00 . Lowongan Kerja Crew Resto Mie Gacoan yang Akan Buka di Bojonegoro   |   10:00 . Nikah di Tengah Banjir, Pengantin Asal Bojonegoro Viral di Medsos   |   09:00 . Harga Emas Antam Hari ini 28 November 2022 Berada di Level Rp977.000 Per Gram   |   08:00 . Doa Pembuka Rezeki, Diamalkan Rasulullah SAW Setelah Shalat Wajib Subuh   |   07:00 . 321 Korban Meninggal, Tersisa 11 Orang Hilang Pasca Gempa Cianjur   |   06:00 . Komunitas Resik Tuban Santuni Puluhan Anak Yatim Tuwiri Wetan   |   05:00 . Es Lumut Aneka Rasa Disukai Anak Sekolah di Tuban   |   16:00 . Optimalkan Marketing Online, Produk UMKM Tuban Tembus Toko Modern hingga Luar Negeri   |   15:00 . Peringati Hari Pohon se-Dunia, 22 Komunitas dan Ormas Gelar Reboisasi di Tuban-Bojonegoro   |   14:00 . Setujui APBD Tuban 2023, Fraksi PKB DPRD Ajukan 18 Syarat   |   13:00 . Hindari Jalan Longsor, Truk Molen di Tuban Terguling ke Sawah   |   12:00 . Naik Lagi, Telur Ayam di Tuban Kini Jadi Rp27.667/ Kilogram   |  
Mon, 28 November 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Minat Lomba Bertutur Rendah, Kepala Dispersip Tuban: Harus Ada Perbaikan Sistem

bloktuban.com | Thursday, 09 June 2022 16:00

Minat Lomba Bertutur  Rendah, Kepala Dispersip Tuban: Harus Ada Perbaikan Sistem Penyerahan piala pemenang lomba bertutur SD/MI. (Foto: Sav/blokTuban.com)

Reporter: Savira Wahda Sofyana 

blokTuban.com - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Tuban menyayangkan tingkat partisipasi lomba bertutur pelajar di tingkat sekolah dasar Sekabupaten Tuban rendah. 

Seperti diberitakan sebelumnya, lomba bertutur yang diadakan oleh Dispersip Kabupaten Tuban dalam rangka memperingati Hari Perpustakaan dan Hari Buku Nasional yang dimulai sejak (8/5/2022) lalu berjalan dengan aman dan lancar. 

Akan tetapi, Kepala Dispersip Tuban, Nur Khamid mengatakan jika perlombaan bertutur ini masih kurang diminati oleh siswa atau siswi di Tuban. Terbukti dari ratusan sekolah tingkat SD/MI di Kabupaten Tuban hanya 47 siswa yang mendaftarkan diri dan mengikuti perlombaan tersebut. 

"Kalau hanya 47 sekolah kita itu berapa, kan kalau SD kita saja sekarang masih ada insyaallah 563, terus MI nya berapa. Jadi total ada hampir 1000 sedangkan pesertanya hanya 47," terang Nur Khamid, Kamis (9/6/2022). 

Baca juga: Bawakan Cerita Kijang dan Gunung Galang, Siswi SDN Socorejo Raih Juara 1 Lomba Bertutur Online

Menurutnya, sepinya peminat dalam lomba bertutur tahun ini, disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya terkait sosialiasi. Oleh karena itu, Nur menambahkan jika ada banyak sistem yang harus diperbaiki seperti halnya memperbanyak sosialisasi dikalangan pelajar. 

Selain menggencarkan sosialisasi, Khamid juga menambahkan jika perlu adanya peningkatan kualitas. Seperti melakukan upgrading terhadap pembinanya, serta memberikan bekal kepada para peserta sebelum mengikuti perlombaan. 

"Kemudian tadi juga sudah saya sampaikan untuk peningkatan kualitasnya, bisa lebih ada semacam upgrading pada tingkat pembinanya. Jadi sebelum kegiatan dilaksanakan ada penjelasan sedikit di depan bukan di belakang saja," tambahnya

Dengan adanya perbaikan-perbaikan tersebut, Mantan Kepala Dinas Pendidikan ini berharap jika kegiatan ini bisa lebih masif lagi, sehingga peminatnya juga semakin banyak lagi. 

Sekedar diketahui, ada enam sekolah di Kabupaten Tuban yang berhasil masuk ke babak final lomba bertutur tersebut yaitu SDN Socorejo, SDN Sumurjalak II, SDN Sendangharjo IV, SDN Kebonsari I, SD Islam Insan Kamil Tuban, serta SDN Ronggomulyo I. 

Sementara yang berhasil mendapatkan juara pertama yaitu Delyncia Allegra dari SDN Socorejo, juara kedua atas nama Hamdia Hubbina Jamma dari SDN Sendangharjo IV, sedangkan juara ketiga diraih oleh Bahira Ramadhani A.M dari SDN Ronggomulyo I. [Sav/Dwi]

Tag : lomba bertutur, SD, MI, Tuban, Kabupaten Tuban, Jawa Timur



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 06 November 2022 11:00

    Blok Cerpen

    Takdir

    Takdir Entah apa saja yang sudah kulewati di tahun 2020, aku hanya ingin menuliskan sebuah pintu harapan....

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat