Minat Lomba Bertutur  Rendah, Kepala Dispersip Tuban: Harus Ada Perbaikan Sistem

Reporter: Savira Wahda Sofyana 

blokTuban.com - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Tuban menyayangkan tingkat partisipasi lomba bertutur pelajar di tingkat sekolah dasar Sekabupaten Tuban rendah. 

Seperti diberitakan sebelumnya, lomba bertutur yang diadakan oleh Dispersip Kabupaten Tuban dalam rangka memperingati Hari Perpustakaan dan Hari Buku Nasional yang dimulai sejak (8/5/2022) lalu berjalan dengan aman dan lancar. 

Akan tetapi, Kepala Dispersip Tuban, Nur Khamid mengatakan jika perlombaan bertutur ini masih kurang diminati oleh siswa atau siswi di Tuban. Terbukti dari ratusan sekolah tingkat SD/MI di Kabupaten Tuban hanya 47 siswa yang mendaftarkan diri dan mengikuti perlombaan tersebut. 

"Kalau hanya 47 sekolah kita itu berapa, kan kalau SD kita saja sekarang masih ada insyaallah 563, terus MI nya berapa. Jadi total ada hampir 1000 sedangkan pesertanya hanya 47," terang Nur Khamid, Kamis (9/6/2022). 

Baca juga: Bawakan Cerita Kijang dan Gunung Galang, Siswi SDN Socorejo Raih Juara 1 Lomba Bertutur Online

Menurutnya, sepinya peminat dalam lomba bertutur tahun ini, disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya terkait sosialiasi. Oleh karena itu, Nur menambahkan jika ada banyak sistem yang harus diperbaiki seperti halnya memperbanyak sosialisasi dikalangan pelajar. 

Selain menggencarkan sosialisasi, Khamid juga menambahkan jika perlu adanya peningkatan kualitas. Seperti melakukan upgrading terhadap pembinanya, serta memberikan bekal kepada para peserta sebelum mengikuti perlombaan. 

"Kemudian tadi juga sudah saya sampaikan untuk peningkatan kualitasnya, bisa lebih ada semacam upgrading pada tingkat pembinanya. Jadi sebelum kegiatan dilaksanakan ada penjelasan sedikit di depan bukan di belakang saja," tambahnya

Dengan adanya perbaikan-perbaikan tersebut, Mantan Kepala Dinas Pendidikan ini berharap jika kegiatan ini bisa lebih masif lagi, sehingga peminatnya juga semakin banyak lagi. 

Sekedar diketahui, ada enam sekolah di Kabupaten Tuban yang berhasil masuk ke babak final lomba bertutur tersebut yaitu SDN Socorejo, SDN Sumurjalak II, SDN Sendangharjo IV, SDN Kebonsari I, SD Islam Insan Kamil Tuban, serta SDN Ronggomulyo I. 

Sementara yang berhasil mendapatkan juara pertama yaitu Delyncia Allegra dari SDN Socorejo, juara kedua atas nama Hamdia Hubbina Jamma dari SDN Sendangharjo IV, sedangkan juara ketiga diraih oleh Bahira Ramadhani A.M dari SDN Ronggomulyo I. [Sav/Dwi]