Magang Jurnalistik di blokTuban.com Selesai, Mahasiswa PBSI Unirow Dapat 4 Bekal Ini

Reporter : Dwi Rahayu N.

blokTuban.com - Program perjanjian kerja sama atau MoA magang antara Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dengan media blokTuban.com resmi selesai. 

Berakhirnya program ditandai dengan monitoring dan evaluasi (Monev) dua dosen PBSI bersama dua mahasiswa yang berkunjung ke kantor blokTuban di Jalan Sunan Muria No.28 Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Selasa (7/6/2022) pagi. 

Pihak PBSI Unirow disambut oleh Managing Editor blokTuban.com, Ali Imron bersama manajer digital, M. Nur Rofiq. Dalam kesempatan itu, Kaprodi Prodi PBSI, Yunita Suryani memastikan bahwa kedua mahasiswanya yang magang di blokTuban.com memperoleh pengalaman yang berharga. Sebab, mempelajari ilmu jurnalistik di kampus dengan di lapangan berbeda tantangannya. 

"MoA mata kuliah jurnalistik dengan media blokTuban.com baru dilakukan tahun ini. Sebelumnya pembelajarannya fokus di kelas, dan pernah mendatangkan praktisi untuk memberi kuliah mahasiswa," ujar Yunita. 

Dosen perempuan PBSI itu, berharap ilmu yang diperoleh selama beberapa bulan dapat dikembangkan. Selain itu, diharapkan kerjasama baik ini dapat dilanjutkan untuk meningkatkan kapasitas SDM mahasiswa dalam ilmu jurnalistik. 

 

Baca Juga : PBSI Unirow Teken MoA dengan blokTuban.com

Sementara itu, Managing Editor Ali Imron mengatakan, bahwa kedua mahasiswi PBSI yang magang cukup cepat beradaptasi. Selama magang tiga bulan, keduanya tidak banyak diberikan teori tetapi lebih banyak berdiskusi dan pemecahan masalah. 

"Keduanya di dua pertemuan awal masih adaptasi, akan tetapi di pertemuan ketiga langsung bisa cepat menangkap tugas dan menyelesaikannya," sambungnya. 

Ditambahkan oleh Ali, bahwa praktik menjadi reporter di lapangan memiliki banyak tantangan. Diantaranya mengatur waktu wawancara dengan narasumber yang tidak mudah. Hal terpenting yang tidak boleh dilupakan seorang reporter atau pewawancara adalah menyimpan nomor narasumber, tujuannya ketika ada data kurang segera dapat melengkapinya. 

Sedangkan Manager Digital M. Nur Rofiq menjelaskan, selain fokus belajar memproduksi berita mahasiswa PBSI juga diberi pembekalan mengelola sosial media. Setiap kali melakukan peliputan, mereka juga diminta mengambil video. 

"Hasilnya dari pembekalan digital, dapat dicek di sosial media peserta magang. Ketika kontennya bagus dan followernya bertambah, artinya ilmunya dapat," jelasnya. 

Selain itu, pengalaman berharga yang diperoleh mahasiswa magang yaitu teknik wawancara dan komunikasi dengan narasumber. Di mana setiap narasumber memiliki karakter berbeda, dan itu menjadi tantangan bagi pewawancara.

Diketahui, magang jurnalistik mahasiswa PBSI di blokTuban.com berlangsung mulai Maret sampai Mei 2022. Penandatanganan perjanjian kerja sama atau MoA dengan media blokTuban.com telah berlangsung pada Selasa (8/2/2022) lalu.

MoA yang digelar di gedung rektorat lantai 2 itu, dilakukan oleh Dekan FKIP, Mardi Widodo, dan Direktur blokTuban.com, Edy Purnomo, Kepala SLB C Autis Negeri Tuban dan Dinas Komunikasi dan Informatika, Statistika, dan Persandian Tuban. Didampingi Kaprodi PBSI, sejumlah dosen dan mahasiswa kampus setempat. [Dwi/Ali]