PBSI Unirow Teken MoA dengan blokTuban.com

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Prodi Pendidikan Bahasa dan Santra Indonesia (PBSI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas PGRI Ronggolawe (Unirow) Tuban meneken perjanjian kerja sama atau MoA dengan media blokTuban.com, Selasa (8/2/2022). Kerjasama tersebut mencakup bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. 

MoA yang digelar di gedung rektorat lantai 2 itu, dilakukan oleh Dekan FKIP, Mardi Widodo, dan Direktur blokTuban.com, Edy Purnomo, Kepala SLB C Autis Negeri Tuban dan Dinas Komunikasi dan Informatika, Statistika, dan Persandian Tuban. Didampingi Kaprodi PBSI, sejumlah dosen dan mahasiswa kampus setempat. 

Dekan FKIP, Mardi Widodo dalam sambutannya, mengatakan, kemitraan ini terjalin untuk menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) mahasiswa tangguh sebelum terjun dunia kerja. Saat ini, belum ada jaminan setelah mahasiswa belajar empat tahun di kampus nantinya akan menggeluti profesi apa. Bila masih menerapkan pola lama, tentunya lulusan Unirow akan membutuhkan waktu untuk diterima kerja. 

"Saya apresiasi dengan inisiatif Prodi PBSI yang menjalin kemitraan dengan tiga pihak. Sesuai fokus PBSI, semuanya berharap akan menjadi guru, tapi apakah memungkinkan," ujar Mardi Widodo.

Seiring tingginya kompetisi dan tantangan dunia kerja, mahasiswa PBSI tidak harus bekerja di SMA, SMP, maupun di sekolah SLB C Autis. Bidang-bidang lain dapat digeluti, misalnya dulu ada mahasiswa Biologi Unirow sekarang berprofesi wartawan di media blokTuban.com. 

"Kemungkinan di masa depan kita tidak dapat memprediksinya 100 persen, tapi melalui kemitraan ini minimal kita menyiapkan SDM yang kompeten," imbuhnya. 

Bersama blokTuban.com, Mardi berharap mahasiswa PBSI yang nantinya magang dapat serius menjadi Youtuber, atau membuat konten tentang Kabupaten Tuban. Mengingat salah satu yang ditangani oleh media yang sudah terverifikasi administrasi dan faktual oleh Dewan Pers adalah mengelola sosial media. 

Sebagaimana diketahui, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Tuban masih belum optimal karena berbagai faktor. Ditambah, tingkat kemiskinan di Tuban naik lagi selama pandemi Covid-19. 

"Oleh karena itu, dengan kerjasama ini IPM dapat meningkat, dan kemiskinan berangsur turun. Semoga berjalan lancar dan memberikan manfaat" tambahnya.

Sementara itu, Direktur blokTuban.com, Edy Purnomo, berterimakasih karena sebagai media lokal yang sudah terverifikasi Dewan Pers telah diberi kepercayaan oleh Unirow Tuban. Kerjasama pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat kali ini adalah yang kedua, sebelumnya dengan Prodi Ilmu Komunikasi. 

Magang jurnalistik mahasiswa PBSI di blokTuban.com akan berlangsung tiga bulan, mulai Maret sampai Mei 2022. Di mana mahasiswa akan belajar tentang observasi pengelolaan media massa, seperti teknik reportase, penulisan berita, hingga proses penyuntingan. 

"Semoga kerja sama ini bermanfaat dan melahirkan SDM Unirow unggul," tutupnya. [Ali]