3 Tips Belajar Menjadi Pribadi Rendah Hati

Reporter: - 

blokTuban.com  - Belajar menjadi orang rendah hati ridak pernah rugi. Sebab dikenal sebagai pribadi yang rendah hati terkadang memberi nila plus ketika berhubungan dengan sosial bermasyarakat.

Tentunya membentuk kerpribadian rendah hati tidaklah mudah. Namun ketika kita mmapu belajar dan megendalikan diri akan bermanfaat bagi hidup dan perkembangan diri seseorang.

Kemapuan diri mengelola emosi menjadi peran penting melatih kerendahan hati. Mari perhatikan tips supaya kalian menjadi pribadi yang rendah hati:

1. Meminta masukan dari orang lain.

Terkadang tindakan aorgan dan sombong tidak dapat dilihat oleh pribadi yang bersangkutan. Terlebih ketika kita berada di lingkungan atau kelompok, memperhatikan situasi dan kondiis sekitar.

Apabila kita berkegiatan atau bekerja dengan tim cobalah untuk mendengarkan masukan dari ornag lain. Menerims kritik dan saran tidak akan membuat kita tampak bodoh, justru sebaliknya akan membantu memperbaiki bagian dari diri kita agar semakin baik.

2. Memposisikan diri berada pada sudut pandang orang lain

Poin kedua ini tidka kalah penting. Memposisikan diri jika kita berada dalam situasi atau kondisi orang lain. Dengan itu kita bisa memahami alasan dibalik apa yang ditampakkan orang lain.

Seperti ketika kita melihat cuplikan video atau adegan yang mengundang nyinyiran orang, alangkah lebih baik menahan diri, berempati dan mencari informasi tambahan sebelum menyesal terlibat dalam kelompok yang salah. 

3. Tanya bila ada yang belum dimengerti

Akrab dengan istilah 'malu bertanya sesat di jalan' bukan? Nah itulah gambaran seorang yang tinggi hati yang menganggap paling benar dan paling tau sendiri.

Padahal bertanya tidak akan mendapat aib atau malu. Tapi justru dengan bertanya inilah akan membua wawasan, pengetahuan yang dapat mengarahkan kita menuju jalan yang benar. 

Bahkan sekalipun kita telah mengenyam pendidikan tinggi, bertanya tidak serta merta menjatuhkan kredibilitas seseorang. Sebanyak pengetahuan kita pada kenyataannya masih banyak yang belum kita ketahui. (suara.com)