Taman Rimba Ngino, Alternatif Lokasi Camping yang Aman Untuk Keluarga

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Berkemah atau camping saat ini sudah menjadi salah satu kegiatan alternatif masyarakat untuk menghilangkan rasa stress atau jenuh di akhir pekan, setelah menjalani berbagai rutinitas sehari-hari. 

Selain dapat menghilangkan rasa jenuh, dengan melakukan kegiatan camping juga dapat mempererat kekompakan antar sesama, baik teman ataupun keluarga. Misalnya, untuk mendirikan tenda dibutuhkan kerjasama tim yang baik. 

Kendati aktivitas ini tergolong seru, namun masih ada sebagian orang yang menilai jika camping tidak aman karena hidup atau bermalam di alam terbuka. Namun, di zaman modern saat ini sudah banyak lokasi camping yang aman digunakan untuk keluarga, salah satunya camping ground yang berada di Taman Rimba Ngino, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban. 

Lokasi yang disediakan untuk camping ground ini sendiri, berada di dalam Wisata Sendang Asmoro yang tak jauh dari permukiman warga, sehingga aman digunakan untuk tempat bermalam bersama teman ataupun keluarga tersayang. 

“Iya mbak sekarang (di taman rimba sendang asmoro, red) ada camping groundnya juga,” terang Kepala Desa Ngino, Wawan Hariyadi kepada blokTuban.com, Rabu (1/6/2022) saat dimintai keterangan. 

Selain menyediakan tempat yang luas dan aman, untuk dapat bermalam dan camping di lokasi ini, lanjut Wawan pengunjung tidak dikenakan tarif sama sekali alias gratis, namun hal ini dikatakannya hanya untuk sementara waktu. 

Dikarenakan saat ini masih dalam tahap promosi dan masih terbilang baru, maka pria ramah ini menambahkan jika para pengunjung yang ingin melakukan aktivitas camping di tempat ini harus membawa tenda sendiri karena masih belum disediakan fasilitas tenda oleh pengelola. 

“Untuk saat ini masih dalam  masa promosi, belum kita berlakukan tarif sewa tempat. Tenda peserta bawa sendiri, kedepan kita sediakan juga. Untuk campingnya fun camping saja suka-suka, nanti peserta bisa request mau disediakan apa. Misalnya disediakan ikan bakar dan lain-lain, bisa,” paparnya. 

Lebih lanjut, Wawan juga mengatakan jika untuk sementara waktu penggunaan camping ground ini tidak dibatasi waktu penggunaannya, sehingga ia berharap jika nantinya lokasi ini bisa menjadi tempat camping favorite masyarakat Kabupaten Tuban. 

“Kalau sementara tidak dibatasi waktunya, kalau ke depan hitungannya sehari semalam. Harapannya bisa menjadi tempat camping keluarga dan komunitas favorite di Tuban,” tutupnya. [Sav/Dwi]