20:00 . Peresmian Balai Seni Budaya Nusantara Tuban Dihadiri Nomo Koeswoyo   |   19:00 . Sigini Biaya Pasang Sambungan Baru Air PDAM Tuban Golongan I, II, dan III   |   18:00 . Women King dan Pamali Tayang di Bioskop NSC Tuban Hari Ini   |   17:00 . Tuban Tekno – Inkubasi Inovasi Tahun 2022 Resmi Ditutup   |   16:00 . Lirik Lagu HELLO - TREASURE Beserta Terjemah Bahasa Indonesia   |   15:00 . Beras di Tuban Turun, Telur Ayam Naik   |   14:00 . Sopir Mengantuk, Truk Pengangkut Ayam Terguling di Tuban Rugi Belasan Juta   |   13:00 . Habis Shubuh Rumah Warga Tuban Terbakar, Surat Berharga dan Uang Tunai Lenyap   |   12:00 . Lowongan Kerja Nakes di RS Muhammadiyah Babat untuk Bulan Oktober 2022   |   11:00 . Turun Rp5.000, Harga Emas Antam Dibanrol Rp957.000 Per Gram   |   10:00 . Doa Memohon Agar Memiliki Anak Berakhlah Terpuji   |   09:00 . Hasil Audit BKN Temukan Kesalahan Mutasi 530 Pejabat di Tuban, Ini Respon Jubir Pemkab   |   08:00 . Hebat! Koarmada II Pecahkan Rekor Muri Water Trappen di HUT ke-77 TNI   |   07:00 . Anak Usaha Pertamina Punya 17 Rumah Sakit di Jawa Timur, Terbanyak di Gresik   |   06:00 . Delapan Kecamatan di Tuban Berpotensi Hujan Petir Hari Ini   |  
Thu, 06 October 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Hah! Setahun Desa Ngandong Gelar 4 Kali Sedekah Bumi, Sembelih 20 ekor Kambing

bloktuban.com | Tuesday, 31 May 2022 11:00

Hah! Setahun Desa Ngandong  Gelar 4 Kali Sedekah Bumi, Sembelih 20 ekor Kambing Salah satu makam di Desa Ngandong. (Foto: Nur/blokTuban.com)

Reporter : Muhammad Nurkholis

blokTuban.com – Desa Ngandong, Kecamatan Grabagan, Kabupaten Tuban masih memegang teguh tradisi kuno yang dilestarikan turun temurun yaitu sedekah bumi.

Sedekah bumi di desa pyang berada di erbukitan batu ini dihelat sebanyak empat kali, yang Pertama dan sebagai pembuka yaitu di Puncak Tapaan yang dilaksanakan pada hari Kamis Pahing. 

Sedekah bumi kedua dilaksanakan di makam Cungkup (makam Mbok Andong Sari) pada Minggu Kliwon, yang ketiga di makam desa Makam Juwet pada hari Jumat Kliwon dan keempat di makam Gembong pada hari Rabu Kliwon.

Dalam acara sedekah bumi di Ngandong nampaknya sudah diakulturasikan dengan kebudayaan keislaman seperti tahlil, kirim doa dan pengajian. 

Ada ciri khas tersendiri sedekah bumi di Desa Ngandong yaitu setiap warga akan membawa ayam jawa yang dipanggang secara utuh untuk dimakan bersama di lokasi yang dikeramatkan itu.

Kepala Desa Ngandong, Siswanto mengatakan saat sedekah bumi di puncak Andong akan ada jenang yang dibuat oleh panitia sedekah bumi secara tradisional.

"Para pemangku desa seperti kepala desa dan juru kunci akan mengelilingi puncak Tapaan dengan membawa pakan untuk memberi makan bebek, karena dulu diyakini mbah andong itu ternak bebek,” ucap Suiswanto kepada blokTuban.com, Selasa(31/05/2022).

Tidak tanggung-tanggung, dikenal salah satu desa penghasil cabai di Kabupaten Tuban ini menyembelih 20 ekor kambing pada pelaksanaan sedekah bumi tahun ini.

Kambing-kambing terebut ternyata berasal dari warga yang memili nadzar, kemudian disembelih di puncak Andong

Selama ini tradisi sedekah bumi di Desa Ngandong tidak hanya diikuti warga setempat. Menurut Suiswanto setiap orang dari dalam maupun luar kerap mengikuti dalam acara sedekah bumi.

"Karena banyak juga dari luar (Desa Ngandong, red) yang ikut dalam acara sedekah bumi di puncak tapaan, mereka juga mengikuti karena merasa memiliki dan perlu menjaga situs di puncak tapaan ini," tambah Siswanto. .

Puncak tapaan sendiri merupakan objek pariwisata milik desa.  Tetapi setelah covid melanda objek wisata ini vakum.

Kendati jalan menuju puncak tapaan sangat terjal tetapi akan terbayarkan dengan rindangnya pohon dan sejuknya udara di puncak tertinggi di Tuban ini. Di puncak tapaan kita bisa melihat pemandanga dari atas wilayah Kecamatan Grabagan dan juga Kecamatan Rengel.[Nur/Dwi]

Tag : NGandong, Tuban, Sedekah Bumi, Kabupaten Tuban



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 02 October 2022 10:00

    Blok Cerpen

    Sang Penjaga Bumi

    Sang Penjaga Bumi Guruh, ia adalah seorang anak yang ditinggal oleh kedua orang tuanya. Sejak kedua orang tuanya berpisah ia tinggal bersama mbok Yam. Guruh dan mbok Yam hidup sebatangkara. Setiap harinya selalu berkelana, jalan-jalan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat