18:00 . Cegah Tipikor, Kejari Tuban Minta Masyarakat Tak Ragu Lapor   |   17:00 . Jangan Sepelekan Campak, Dampaknya Sebabkan Diare Berat hingga Kematian   |   16:00 . Trailer Film Malaysia Genre Horor - 'PULAU' Siapa Pergi Dia Mati   |   15:00 . Jadwal Tayang Bioskop NSC Tuban 27 Januari 2023: Ada 6 Film Pilihan untuk Kamu   |   14:00 . Hujan Petir Masih Berpotensi Guyur Tuban, Lamongan, dan Bojonegoro Hari Ini   |   13:00 . Unik !! Pohon Pisang di Plumpang Kabupaten Tuban Bercabang dan Berbuah 2 Tandan   |   12:00 . Update Sembako Tuban 27 Januari 2023: Cabai Biasa Turun Rp10.000, Telur Ayam Rp2.000/Kilogram   |   11:00 . Kasus Gizi Buruk Anak di Tuban Turun, Angkanya 21,5 % Level Nasional dan 19,2 % di Jatim   |   10:00 . Harga Emas Antam Hari ini 27 Januari 2023 Turun Rp5.000 Per Gram, Sejumlah Stock Kosong   |   09:00 . Desi Astutik Pendamping Produk Halal yang Getol Dampingi Pelaku UMKM   |   08:00 . Cara Rasulullah Berdzikir, Tanpa Alat Hanya Menggunakan Jari   |   07:00 . Resep Bolu Gulung Keju DEBM, Tanpa Menambahkan Tepung   |   20:00 . Miniatur Mobil Jadikan Pemuda Tuban Jutawan, Produknya Tembus Berbagai Kota   |   19:00 . 3.923 Anak di Tuban Putus Sekolah, Salah Satu Pemicunya Menikah Usia Dini   |   18:00 . Capaian Vaksin Booster di Tuban 34,42%   |  
Fri, 27 January 2023
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Wajib Tahu! 3 Aturan Baru Penulisan Nama Pada Dokumen Kependudukan

bloktuban.com | Saturday, 21 May 2022 09:00

Wajib Tahu! 3 Aturan Baru Penulisan Nama Pada Dokumen Kependudukan Dokumen Kependudukan E-KTP (Foto: Ali/blokTuban.com)

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) resmi mengeluarkan aturan baru terkait pencatatan nama pada dokumen kependudukan. Aturan ini tertuang dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) nomor 73 tahun 2022. 

Dalam  peraturan baru tersebut, setidaknya terdapat tiga larangan yang tidak diperbolehkan dalam pencatatan nama dokumen kependudukan yang tertera pada pasal 5 ayat 3. Adapun tiga larangan yang dimaksud ialah nama tidak boleh disingkat kecuali tidak diartikan lain. 

Seperti halnya nama Muhammad yang tidak boleh disingkat menjadi Muh, Moch, dan M, ataupun seseorang yang memiliki nama Abdul, kini juga tidak boleh disingkat menjadi Abd sebagaimana sebelumnya. 

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tuban, Rohman Ubaid mengungkapkan jika larangan ini menyusul pada kebijakan atau ketentuan baru yang telah dikeluarkan oleh pemerintah pusat. 

Baca juga: Ramai uji Coba E-KTP DIgital, Dukcapil Tuban Tegaskan E-KTP Fisik Masih Dibutuhkan

“Hal ini berdasarkan peraturan menteri tersebut, dimana ada tiga larangan baru yang diberlakukan dalam pencatatan nama di dokumen kependudukan,” ungkap Rohman Ubaid kepada blokTuban.com. 

Ketiga aturan yang dimaksud, selain tidak boleh menyingkat nama, larangan lain dalam peraturan baru ini sendiri yaitu penulisan nama juga tidak diperbolehkan menggunakan tanda baca seperti petik.

Sedangkan peraturan yang ketiga ialah tidak diperkenankan mencantumkan gelar apapun dalam akta pencatatan sipil seperti gelar pendidikan ataupun keagamaan. 

Lebih lanjut, adapun dokumen kependudukan yang dimaksud dalam peraturan ini ialah terdiri dari Kartu Keluarga, Biodata Penduduk, Kartu Identitas Anak,  Surat Keterangan Kependudukan, Kartu Tanda Penduduk Elektronik serta Akta Pencatatan Sipil. [Sav/Dwi]

Tag : Kabupaten Tuban, Tuban, EKTP, Catatan SIpil, Dokumen Kependudukan, blokTuban.com



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat