19:00 . Sigini Biaya Pasang Sambungan Baru Air PDAM Tuban Golongan I, II, dan III   |   18:00 . Women King dan Pamali Tayang di Bioskop NSC Tuban Hari Ini   |   17:00 . Tuban Tekno – Inkubasi Inovasi Tahun 2022 Resmi Ditutup   |   16:00 . Lirik Lagu HELLO - TREASURE Beserta Terjemah Bahasa Indonesia   |   15:00 . Beras di Tuban Turun, Telur Ayam Naik   |   14:00 . Sopir Mengantuk, Truk Pengangkut Ayam Terguling di Tuban Rugi Belasan Juta   |   13:00 . Habis Shubuh Rumah Warga Tuban Terbakar, Surat Berharga dan Uang Tunai Lenyap   |   12:00 . Lowongan Kerja Nakes di RS Muhammadiyah Babat untuk Bulan Oktober 2022   |   11:00 . Turun Rp5.000, Harga Emas Antam Dibanrol Rp957.000 Per Gram   |   10:00 . Doa Memohon Agar Memiliki Anak Berakhlah Terpuji   |   09:00 . Hasil Audit BKN Temukan Kesalahan Mutasi 530 Pejabat di Tuban, Ini Respon Jubir Pemkab   |   08:00 . Hebat! Koarmada II Pecahkan Rekor Muri Water Trappen di HUT ke-77 TNI   |   07:00 . Anak Usaha Pertamina Punya 17 Rumah Sakit di Jawa Timur, Terbanyak di Gresik   |   06:00 . Delapan Kecamatan di Tuban Berpotensi Hujan Petir Hari Ini   |   05:00 . Polisi Minta Petani Lapor Jika Temukan Penjualan Pupuk Subsidi di Atas HET   |  
Thu, 06 October 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

BMKG Tuban Imbau Warga Tak Bakar Lahan Saat Kemarau

bloktuban.com | Thursday, 19 May 2022 13:00

BMKG Tuban Imbau Warga Tak Bakar Lahan Saat Kemarau Kondisi lahan kering yang rawan terjadi kebakaran saat musim kemarau 2022. (Foto:Sav/blokTuban.com)

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.comBadan Metreologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tuban memperkirakan jika musim kemarau terjadi pada bulan Mei 2022. Untuk menghadapinya, maka diperlukan berbagai persiapan, Kamis (19/5/2022).

Kepala BMKG Tuban, Zem Irianto mengimbau kepada seluruh masyarakat agar tidak membuka lahan dengan cara dibakar disaat musim kemarau, sebab membakar hutan saat musim kemarau berpotensi lebih cepat menimbulkan kebakaran. 

Oleh karena itu, di musim kemarau masyarakat diminta untuk lebih berhati-hati dan tidak melakukan pembakaran hutan terlebih dahulu. Selain itu, apabila membakar sampah dipemukiman maka ada baiknya jika tidak langsung ditinggalkan. 

“Untuk mengantisipasi karena kalau musim kemarau rawan kebakaran hutan atau rawan kebakaran dipemukiman. Itu masyarakat harus lebih berhati-hati terutama seperti pembukaan lahan secara tradisional seperti misalnya dibakar, nah itu hati-hati,” terang Zem Irianto, Kamis (19/5/2022) kepada blokTuban.com. 

Zem melanjutkan jika keadaan pada kedua musim hujan dan kemarau ini sangat jauh berbeda, karena saat musim kemarau suhu udara lebih kering. Selain itu, akan lebih cepat memicu terjadinya kebakaran, sehingga sangat diperlukan kewaspadaan. 

Ia juga meminta masyarakat untuk berhemat dalam penggunaan air terutama bagi masyarakat yang tinggal di wilayah yang rawan kekeringan, agar nantinya tidak kesulitan dalam mencari air. 

“Masyarakat banyak penggunaan air itu dihemat, terutama bagi daerah yang rawan kekeringan,” katanya. 

Lebih dari itu, dari segi kesehatan pria ramah ini  juga mengimbau kepada masyarakat agar lebih memperbanyak minum air putih pada musim  kemarau. Menurutnya, hal tersebut dilakukan untuk mengurangi terjadinya dehidrasi pada tubuh. [Sav/Ali]

Tag : Tuban, Kabupaten Tuban, BMKG, Musim Kemarau, Kebakaran, krisis air



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 02 October 2022 10:00

    Blok Cerpen

    Sang Penjaga Bumi

    Sang Penjaga Bumi Guruh, ia adalah seorang anak yang ditinggal oleh kedua orang tuanya. Sejak kedua orang tuanya berpisah ia tinggal bersama mbok Yam. Guruh dan mbok Yam hidup sebatangkara. Setiap harinya selalu berkelana, jalan-jalan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat