Mandi di Pantai Gesikharjo Saat Lebaran Ketupat Dipercaya Sembuhkan Beragam Penyakit

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Masyarakat di Desa Gesikharjo, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban hingga sekarang masih memiliki sebuah kepercayaan, bahwa ketika mandi saat lebaran ketupat di pantai setempat dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit, Senin (9/5/2022). 

Tak heran, sekitar pukul 06.00 Wib kawasan pantai di Jalur Dandels atau sebelah barat makam Asmoroqondi itu penuh sesak warga bak lautan manusia. Mandi bersama dengan warga sekampung ini, berlangsung hari kedelapan setelah hari raya Idul Fitri 1443 H. 

Tradisi 'dusdusan' juga dikenal dengan istilah gopak. Gopak merupakan bahasa lokal warga pesisir Tuban di lima kecamatan di Tuban. Mulai Palang, Tuban, Jenu, Tambakboyo, dan Bancar.

Gopak sekampung hanya bisa ditemukan di Gesikharjo, Palang. Rata-rata warga melestarikan tradisi dengan niat badannya sehat dan dijauhkan segala macam penyakit.

"Entah kapan mulainya, sejak dulu orang tua mengajak seperti itu dan pasti mengajak seluruh keluarga," kata Karmani (53) warga setempat. 

Tak hanya Karmani, Heni Oktavitasari (30) warga setempat juga percaya dengan menceburkan diri ke laut dapat menghilangkan berbagai penyakit di tubuh dan menjauhkan dari balak atau musibah.

"ikut tradisi dusdusan sejak kecil. Berhenti saat ia kuliah dan kerja di Surabaya, dan baru kembali ikut empat tahun terakhir," sambungnya.

Heni menambahkan, bahwa momentum mandi bersama di pantai juga dijadikan penguat silaturahmi antar warga. Tak jarang, orang dari luar Desa Gesiharjo ikut mandi bersama karena punya pertalian keluarga atau ikatan dengan warga setempat.

Keriuhan di pantai Gesikharjo hari ini juga menarik minat pengguna jalan yang melintas. Kebetulan pantai Desa Gesikharjo berada tepat di pinggir Jalan Deandles penghubung Kabupaten Tuban dengan Lamongan. [Ali]