11:00 . Kopi Dicampur Kunyit Bisa Mencegah Diabetes? Ini Alasannya   |   10:00 . Trending Youtube, Lirik Lagu Ay-Yo - NCT 127 (Repackaged) Lengkap Beserta Terjemah Indonesia   |   09:00 . Harga Emas Antam Hari ini 31 Januari Turun di Level Rp1.027.000 Per Gram   |   07:00 . Resep Prol Tape Tanpa Pakai Mixer, Bisa Langsung Dicoba di Rumah   |   06:00 . Keutamaan Mengamalkan Doa Sapu Jagat, Dibaca Setelah Sholat Fardhu   |   18:00 . Ular Piton Sepanjang 4 Meter Ditemukan di Kandang Ayam Milik Warga di Tuban   |   17:00 . Satus Sengketa Tanah Warga dan Polri di Tuban, Adalah Lapangan Tembak Milik Polres   |   16:00 . Boster ke-2 Sudah Disediakan Bagi Masyarakat Tuban Untuk Cegah Varian Covid Lainnya   |   15:00 . Narapidana Terorisme asal Kudus Dibebaskan Bersyarat oleh Lapas Tuban   |   14:00 . Mengenal Ajian di Budaya Jawa yang Telah Ada Sejak Jaman Dulu   |   13:00 . Turun Rp5.000, Cabai Rawit di Tuban Kini Jadi Rp50.000/Kilogram   |   12:00 . 5 Lokasi Beli Ice Cream Enak dan Murah di Tuban   |   11:00 . Manfaat Bersihkan Area Gigi dengan Siwak, Sunnah Rasulullah Sejak Dulu   |   10:00 . Lirik Lagu No Comment - Tuty Wibowo Feat Bunda Corla Kembali Viral   |   09:00 . Penghujung Januari 2023, Harga Emas Antam Stagnan Selama 3 Hari di Level Rp1.029.000 Per Gram   |  
Tue, 31 January 2023
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Mandi di Pantai Gesikharjo Saat Lebaran Ketupat Dipercaya Sembuhkan Beragam Penyakit

bloktuban.com | Monday, 09 May 2022 08:00

Mandi di Pantai Gesikharjo Saat Lebaran Ketupat Dipercaya Sembuhkan Beragam Penyakit Warga Gesikharjo baik anak-anak, dewasa, maupun lansia riang gembira mandi di laut saat lebaran Ketupat 1443 H. (dok.blokTuban.com)

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Masyarakat di Desa Gesikharjo, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban hingga sekarang masih memiliki sebuah kepercayaan, bahwa ketika mandi saat lebaran ketupat di pantai setempat dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit, Senin (9/5/2022). 

Tak heran, sekitar pukul 06.00 Wib kawasan pantai di Jalur Dandels atau sebelah barat makam Asmoroqondi itu penuh sesak warga bak lautan manusia. Mandi bersama dengan warga sekampung ini, berlangsung hari kedelapan setelah hari raya Idul Fitri 1443 H. 

Tradisi 'dusdusan' juga dikenal dengan istilah gopak. Gopak merupakan bahasa lokal warga pesisir Tuban di lima kecamatan di Tuban. Mulai Palang, Tuban, Jenu, Tambakboyo, dan Bancar.

Gopak sekampung hanya bisa ditemukan di Gesikharjo, Palang. Rata-rata warga melestarikan tradisi dengan niat badannya sehat dan dijauhkan segala macam penyakit.

"Entah kapan mulainya, sejak dulu orang tua mengajak seperti itu dan pasti mengajak seluruh keluarga," kata Karmani (53) warga setempat. 

Tak hanya Karmani, Heni Oktavitasari (30) warga setempat juga percaya dengan menceburkan diri ke laut dapat menghilangkan berbagai penyakit di tubuh dan menjauhkan dari balak atau musibah.

"ikut tradisi dusdusan sejak kecil. Berhenti saat ia kuliah dan kerja di Surabaya, dan baru kembali ikut empat tahun terakhir," sambungnya.

Heni menambahkan, bahwa momentum mandi bersama di pantai juga dijadikan penguat silaturahmi antar warga. Tak jarang, orang dari luar Desa Gesiharjo ikut mandi bersama karena punya pertalian keluarga atau ikatan dengan warga setempat.

Keriuhan di pantai Gesikharjo hari ini juga menarik minat pengguna jalan yang melintas. Kebetulan pantai Desa Gesikharjo berada tepat di pinggir Jalan Deandles penghubung Kabupaten Tuban dengan Lamongan. [Ali]

 

Tag : Tuban, Kabupaten Tuban, tradisi mandi di laut, Pantai Gesikharjo, Asmoroqondi, Lebaran Ketupat



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat