9 Kabupaten di Jatim yang Masuk Digitalisasi Televisi Tahap 1 Dibayangi Potensi Masalah

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Berdasarkan siaran Pers Kominfo yang disitir oleh akun Instagram KPI Pusat pada tahap pertama 30 April mendatang seharusnya terdapat 378.522 Unit Set Top Box (STB) yang harus dibagikan kepada keluarga pra sejahtera di 9 Kabupaten di Jawa Timur.

Namun, hingga tanggal 30 April jumlah tersebut belum terpenuhi. Sebagai akibatnya 9 Kabupaten di wilayah Jawa Timur yang direncanakan masuk ASO tahap pertama tidak dapat masuk. 

Kesembilan kabupaten tersebut adalah Sampang, Pamekasan dan Sumenep (Jatim 3), Lumajang, Jember dan Bondowoso (Jatim 4), Situbondo (Jatim 5), Banyuwangi. (Jatim 6) dan Pacitan (Jatim 10).

Terkait dengan hal tersebut anggota Komisi I DPR RI, Krisna Dewanata Phrosakh, berharap STB yang sudah diplot untuk masyarakat miskin segera dibagikan terutama untuk 9 Kabupaten di Jatim sehingga proses digitalisasi televisi atau dikenal Analog Switch Off (ASO) di Jatim dapat berjalan dengan baik. 

“Apalagi saya dengar pihak terkait di Jatim seperti Kominfo sebagai representasi Pemprov Jatim dan KPID Jatim selaku regulator penyiaran sekaligus perwakilan masyarakat siap mendukung terlaksananya program ini,” ujarnya.

Selaku anggota Komisi I DPR RI yang berasal dari Jawa Timur, Dewa mendukung langkah koordinasi yang dilakukan oleh Diskominfo Jawa Timur, KPID Jawa Timur, Balmon Kelas I Surabaya, PT Pos dan seluruh penyelenggara multipleksing di Jawa Timur. 

"Ini langkah positif antisipatif dalam menyelesaikan berbagai kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan ASO," ungkap legislator dari Dapil Malang Raya yang akrab dipanggil Dewa ini saat melakukan diskusi dengan Ketua KPID Jawa Timur Immanuel Yosua dilansir dari laman Kominfo Jatim, Kamis (5/5/2022).

Sebagai informasi, dalam rangka mengantisipasi permasalahan yang muncul terkait dengan pelaksanaan ASO, Diskominfo Jawa Timur dan KPID Jawa Timur menginisiasi adanya forum koordinasi yang melibatkan Balai Monitoring Kelas I Surabaya, PT Pos dan perwakilan penyelenggara multipleksing di Jawa Timur. Melalui forum ini, para pemangku kepentingan saling bertukar pikiran bagaimana mensukseskan pelaksanaan ASO di Jawa Timur sekaligus mengurai permasalahan yang muncul.

Secara mendasar beberapa permasalahan yang muncul sebagaimana catatan Kominfo dan KPID Jatim, berkaitan dengan tiga hal, di antaranya permasalahan teknis, sosialisasi dan ketersediaan STB.

Dalam pemetaan yang dilakukan Korbid PS2P KPID Jatim, Afif Amrullah, merinci hal ini menjadi 10 potensi masalah yang muncul dalam pelaksanaan ASO di Jatim khususnya tahap pertama.

Dari kesepuluh potensi masalah tersebut, permasalahan yang mengemuka adalah ketersediaan STB baik di pasaran maupun yang dibagikan gratis kepada rumah tangga miskin. [Ali]