22:00 . Warga Bojonegoro Jadi Pemenang Lomba Kicau Nasional di Tuban, Burungnya Ditawar Rp100 Juta   |   21:00 . Desa Klotok Tuban Sukses Gelar Festival Layang-layang Nasional 2022   |   20:00 . Beruntungnya Punya Nama Agus dan Berakhiran Tie Dapat Nasi Kemerdekaan di Warung Tuban Ini   |   19:00 . Ratusan Burung 6 Jenis Ini Tampil Memukau di Lomba Kicau Nasional di Tuban   |   18:00 . 7 Rekomendasi Sewa Kostum dan Rias di Tuban Cocok untuk Karnaval Kemerdekaan   |   17:00 . Di bawah DKI Jakarta, Gubernur Khofifah Minta Pengusaha APINDO Pertahankan Iklim EKonomi Jatim   |   16:00 . Setelah Minyak Goreng Kemasan Turun, Hari Ini Sembako di Tuban Stabil   |   15:00 . Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda   |   14:00 . Lulus Predikat Membanggakan, 54 Siswa Permadani Tuban di Wisuda   |   13:00 . Kabar Baik, 4 Zodiak Berikut ini Hidup Berkelimpahan di Bulan Agustus   |   12:00 . Bediang Berujung Petaka, Warga Tuban Kehilangan Rumah, Kandang dan Tiga Kambing   |   11:00 . Dok! PA Kabulkan Dispensasi Nikah Santriwati Korban Pencabulan Anak Kiai di Tuban   |   10:00 . Jelang HUT RI ke-77 Tahun, Persewaan Kostum Karnaval di Tuban Kebanjiran Orderan   |   09:00 . Lirik Lagu FOREVER 1 - Girls' Generation/ SNSD - SMTOWN   |   08:00 . Ini Niat Puasa Sunnah Asyura 10 Muharram, Ketahui Keutamaannya   |  
Mon, 08 August 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Desain Kilang GRR Tuban Ditarget Selesai Mei, Kerjasama PLN dan Kris Energi Berlanjut

bloktuban.com | Friday, 22 April 2022 12:00

Desain Kilang GRR Tuban Ditarget Selesai Mei, Kerjasama PLN dan Kris Energi Berlanjut Penyelesaian land clearing tahap IV per 31 Maret 2022 adalah 49,01%, atau lebih cepat dari target (45,38%). (Foto:Istimewa)

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Proyek Strategis Nasional (PSN) kilang Grass Root Refinery (GRR) Tuban memasuki finalisasi desain rinci atau Front End Engineering Design (FEED), yang setara dengan 49% dari proses pembangunan kilang minyak. Proses FEED diperkirakan selesai pada Mei 2022, Jumat (22/4/2022). 

Secara bersamaan, kerja sama dengan mitra strategis terus dipertahankan antara lain dengan PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) untuk penyediaan listrik pada tahap konstruksi dan Kris Energi untuk penyediaan gas. Demikian juga dengan pemangku kepentingan untuk penyediaan infrastruktur seperti jalur tol Demak–Tuban, reaktivasi jalur kereta api Babat–Tuban, dukungan insentif pajak, dan dukungan lain yang diperlukan untuk menunjang kilang GRR Tuban.

PT Pertamina Rosneft Pengolahan dan Petrokimia (PRPP) selaku pelaksana proyek GRR Tuban melaporkan kemajuan FEED per 31 Maret 2022 mencapai 90,99%, atau lebih cepat dari target 87,84%. Proses ini diharapkan menghasilkan desain rancang bangun ekstra kompleks untuk mengolah minyak mentah menjadi produk BBM dan petrokimia berstandar internasional.

Perseroan menjalankan kegiatan FEED sejak 16 Maret 2021 berkolaborasi dengan Tecnicas Reunidas SA (TRSA), perusahaan yang berbasis di Spanyol dan bergerak di bidang Engineering, Procurement dan Construction (EPC) sebagai kontraktor desain enjiniring. Dalam tahapan FEED, TRSA mengembangkan desain open-art units, fasilitas off-site dan utilities, pengawasan dan integrasi desain secara keseluruhan, termasuk data desain dari technology licensor (pemilik lisensi teknologi).

“Capaian yang melebihi target ini berkat kolaborasi Tim Engineering PRPP dengan TRSA selaku kontraktor FEED yang solid untuk memastikan penyelesaian FEED. Tidak lupa pula dukungan fungsi lain dan manajemen PRPP terhadap pengerjaan FEED ini,” tutur Eriyadi, Direktur Pengembangan PRPP, dalam keterangan resminya.

Proses pembersihan lahan (land clearing) yang diselenggarakan oleh tim Pertamina GRR Tuban pun berjalan secara simultan dan kini telah memasuki tahap IV. Pada fase ini Pertamina GRR Tuban mencanangkan target pembersihan lahan seluas 221,17 hektare (ha), termasuk pembuatan drainase sementara dan pemasangan pagar. Penyelesaian land clearing tahap IV per 31 Maret 2022 adalah 49,01%, atau lebih cepat dari target (45,38%) dengan melibatkan lebih dari 330 warga sekitar area proyek.

Secara total, proses land clearing GRR Tuban sejak tahap I hingga ke IV telah melibatkan 1.220 pekerja, dengan 99% di antaranya merupakan warga.

Selama proses tersebut, perseroan menjaga prinsip Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) di lingkungan proyek. Pada kuartal I-2022, pencapaian jam kerja selamat proyek GRR Tuban, baik di tim Pertamina GRR Tuban maupun di PRPP mencapai 403.496 jam. Secara kumulatif, jumlah jam kerja selamat proyek GRR Tuban sejak land clearing berjalan mencapai 3.536.663 jam.

Eriyadi menambahkan setelah FEED selesai, perseroan akan memasuki proses Final Investment Decision (FID) di tingkat pemegang saham, untuk memastikan keberlanjutan proyek GRR Tuban. Selanjutnya fase rekayasa, pengadaan, dan konstruksi (Engineering, Procurement, Construction/EPC) diharapkan bisa dimulai pada kuartal III tahun 2023.

“Terlepas dari dinamika situasi global saat ini yang berpengaruh terhadap industri minyak dan gas secara umum, PRPP bersama tim Pertamina Proyek GRR Tuban tetap berkomitmen untuk meneruskan dan menyelesaikan amanah yang telah dipercayakan kepada kami. Mohon doa dan dukungan semua pihak agar setiap tahapan yang kami rencanakan dapat berjalan dengan baik dan lancar termasuk juga proses Final Investment Decision (FID) dan dimulainya fase EPC nanti di tahun 2023,” pungkas Eriyadi. [Ali]

Tag : Kilang GRR Tuban, Info Kilang Minyak, Desain Kilang, Kerjasama PLN Kris Energy



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 07 August 2022 15:00

    Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda

    Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda Setiap pagi hari sejak sebulan lalu, kita sering merasakan dingin. Rasa dingin terasa lebih kuat saat menjelang pagi hari. Hal tersebut merupakan tanda terjadinya masa pancaroba atau bisa disebut dengan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat