23:00 . 8 Khasiat Air Kelapa Wulung Muda Tuban yang Harganya Lebih Mahal dari Kelapa Ijo   |   22:00 . Polisi Tandai 2 Lokasi Balap Liar di Tuban, Patroli Spontan akan Digalakkan   |   21:00 . Bappeda Tuban Prediksi Reaktitasi Jalur Kereta Api Lebih Dulu Dibanding Tol Demak-Tuban   |   20:30 . Posko Penyekatan Hewan Ternak di Perbatasan Tuban-Rembang   |   20:00 . 60 Calon Pengantin di Tuban Dibekali 8 Materi, agar Terhindar Perceraian hingga KDRT   |   19:30 . Ada Posko Sekat PMK Mulai 5-15 Juli 2022, Tuban Tak Terima Ternak dan Daging dari Luar Jatim   |   19:00 . 6 Destinasi Wisata Air Terjun di Tuban Ini Dijamin Menyegarkan Mata Anda!   |   18:00 . Balap Liar di Tuban Bikin Resah Pengguna Jalan, dari JT Bawah Bergeser ke Tikungan Tundung Musuh   |   17:00 . Alamat Kantor Inspektorat Tuban dan Maklumat Pelayanan 2022   |   16:00 . Netizen Komplain Salah Sasaran ETLE Mau Laporan di Samsat Rumit! Polres Tuban: Mudah, Tidak Sampai 1 Hari   |   15:00 . Lirik Lagu dan Chord Gitar Noah (Peterpan) - 'Di Atas Normal'   |   14:00 . Terima Dua Manfaat, Ini yang Dapat Calon Pegantin Tuban   |   13:00 . Lowongan Kerja S1 untuk 10 Posisi di Wings Group Surabaya   |   12:00 . Ranggalawe Mangkat | Teater Komunitas Warna Tuban   |   11:00 . 6.608 Penduduk Tuban Usia Kerja Menganggur, DPRD: Apa yang Dilakukan Pemkab?   |  
Wed, 06 July 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Kemenag Tuban Dukung Pengembangan Madrasah Ramah Anak

bloktuban.com | Thursday, 21 April 2022 15:00

Kemenag Tuban Dukung Pengembangan Madrasah Ramah Anak MADRASAH RAMAH ANAK : Salah Satu Kepala Madrasah saat Menandatangani Deklarasi Madrasah Ramah Anak (foto:kemenag)

Reporter : Sri Wiyono

blokTuban.com - Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Tuban berupaya untuk mengembangkan madrasah ramah anak. Karena itu, kegiatan bimbingan teknis (bimtek) tentang konvensi hak anak didorong untuk terus dilakukan.

Hal itu disampaikan Kepala Kemenag Tuban Ahmad Munir saat menghadiri bimtek terkait konvensi hak anak yang digelar Kelompok Kerja Madrasah (KKM) Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Tuban, Kamis (21/4/2022). Selain konvensi hak anak, juga ada materi  Disiplin Positif Bagi Pendidik untuk Mewujudkan Madrasah Ramah Anak (MRA).

Ahmad Munir, berharap dengan adanya bimtek ini mampu mewujudkan madrasah yang nyaman dan menjadi wiyata mandala. 

"Madrasah-madrasah di bawah lingkungan Kementerian Agama Kabupaten Tuban harus mampu menciptakan bagaimana caranya agar anak nyaman, nyaman dalam belajar, berkreasi, tidak ada kekerasan baik yang dilakukan oleh guru, antarsiswa, maupun pihak lainnya sehingga anak betah di madrasah," ujarnya.

Ahmad Munir mengajak  menjadikan madrasah sebagai  taman yang indah bagi anak-anak. Para guru (pendidik) diberikan kesabaran dalam melatih dan mendidik anak. Karena anak-anak itu, kata dia, bisa menarik tangan kita ke surganya Allah SWT.

Pria yang pernah mengenyam pendidikan di Pondok Pesantren Langitan Tuban ini juga mengingatkan kepada para guru madrasah untuk mendidik tanpa ada emosi dalam hati. 

"Tugas guru adalah mentransfer ilmu, jangan ada emosi dalam menjalankan tugas dan kewajiban, guru harus memainkan peran yang penting dalam terciptanya madrasah ramah anak," pesannya.

Bimtek dilaksanakan di hall MAN 2 Tuban. Kepala MAN 2 Tuban, Tasmo menjelaskan, materi bimtek pertama disampaikan oleh Zulkifli Hasan, dari Direktorat Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah secara virtual melalui sambungan Zoom. Selain Zulkifli Hasan, materi pada bimtek KHA, MRA, dan Disiplin Positif Se KKM MA Tuban 2 ini juga disampaikan oleh narasumber Bekty Prastyani selaku Fasilitator SRA Jawa Timur. 

Kakankemenag Tuban juga menandatangani deklarasi satuan madrasah ramah anak diikuti Kasi Pendidikan Madrasah dan Kepala MAN 2 Tuban. Pelatihan yang diselenggarakan dilaksanakan selama dua hari ini berisikan materi Konvensi Hak Anak dan implementasinya dalam MRA, implementasi KHA, implementasi MRA, disiplin positif, dan materi PKRA. 

Peserta bimtek adalah perwakilan dari MA se KKM MAN 2 Tuban dan perwakilan dari wali murid MAN N2 Tuban, serta perwakilan siswa siswi MAN 2 Tuban.[ono]

 

Tag : ramah anak, madrasah ramah anak, kemenag tuban



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Monday, 04 July 2022 19:00

    Tantangan Guru di Era Kurikulum Merdeka Belajar

    Tantangan Guru di Era Kurikulum Merdeka Belajar Merdeka belajar merupakan suatu program kebijakan baru yang diputuskan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim. beliau mengatakan bahwa program merdeka belajar menjadi suatu terobosan untuk...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat