17:00 . Manganan di Gedongombo Tuban : Berharap Tanaman Lebih Subur   |   16:00 . Tumpah Ruah 1.700 Warga Gedongombo Tuban Manganan di Makam Syeh Maulana Iskhak Al-Maghribi   |   15:00 . Persiapan Wukuf, Jemaah Haji Asal Tuban Mulai Geser ke Arafah   |   14:00 . Harga Bawang Putih di Tuban Naik Ikuti Bawang Merah, Hampir Setara Minyak Goreng Kemasan   |   13:00 . 10 Destinasi Wisata di Tuban Pas Banget Buat Liburan Idul Adha, Buruan Piknik!   |   12:00 . Meraup Cuan dari Usaha Tusuk Sate Jelang Idul Adha di Tuban   |   11:30 . Tusuk Sate Tuban, Usaha Keluarga Sejak 1987   |   11:00 . Ramalan Shio 7 Juli 2022: Bisa Jadi yang Kalian Butuhkan Adalah Healing!   |   10:30 . Bakal Tusuk Sate di Tuban Dijemur Sehari   |   10:00 . Lowongan Kerja Lulusan SMA hingga S1 Ada 10 Formasi di PT Indofood Group   |   09:30 . Kampung Tusuk Sate di Tuban   |   09:00 . Prestasi Tuban di Porprov Jatim VII Melesat, Mas Bupati Turun Langsung hingga Atlet Pecahkan Rekor   |   08:00 . 5 Butir Isi Perjanjian Hudaibiyah, Antara Kaum Muslim dan Quraisy   |   07:00 . Pengamen Badut Asal Jombang Diamankan Satpol PP Tuban, Peralatan Ngamennya Disita   |   06:00 . Kemendag Luncurkan MINYAKITA Rp14 Ribu per Liter, Lebih Murah dari Migor Curah di Tuban   |  
Thu, 07 July 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Ini Cara Menghitung THR 2022 Sesuai Rumus Disnaker Tuban

bloktuban.com | Sunday, 17 April 2022 10:00

Ini Cara Menghitung THR 2022 Sesuai Rumus Disnaker Tuban Ilustrasi dana THR 2022. (Istimewa)

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Dinas Tenaga Kerja dan Peridustrian Tuban telah menyurati semua pengusaha di Kabupaten Tuban untuk segera memberikan Tunjangan Hari Raya (THR) kepada karyawannya, paling lambat tujuh hari sebelum lebaran 2022. 

Surat resmi tersebut telah dilayangkan ke pengusaha pada 13 Maret 2022. Pembayaran THR dilakukan pengusaha berdasarkan PP Nomor 36 tahun 2021 tentang pengupahan, dan Permenaker Nomor 6 tahun 2016 tentang THR keagamaan bagi buruh perusahaan. 

Kepala Disnaker dan Perindustrian Tuban, Sugeng Purnomo mengatakan, THR keagamaan wajib diberikan kepada pekerja/buruh yang memiliki masa kerja satu bulan secara terus menerus atau lebih. Selain itu, bagi pekerja/buruh yang memiliki hubungan dengan perusahaan berdasarkan perjanjian kerja waktu tidak tertentu atau perjanjian kerja waktu tertentu. 

"Bagi pekerja/buruh yang bekerja 12 bulan atau terus menerus, diberikan THR satu bulan upah. Sedangkan pekerja yang bekerja kurang dari 12 bulan diberikan THR secara proposional sesuai dengan masa kerja dengan rumus penghitungan masa kerja 12 bulan dibagi 12 dikalikan 1 bulan upah," ujar Sugeng kepada blokTuban.com, Minggu (17/4/2022). 

Mantan Camat Kerek menambahkan, untuk menghitung THR pekerja lepas maka ada dua penghitungan. Bagi pekerja lepas selama 12 bulan atau lebih, maka upah satu bulannya dihitung berdasarkan rata-rata upah yang diterima selama 12 bulan sebelum lebaran 2022. Sementara pekerja lepas yang masa kerjanya kurang dari 12 bulan, maka upah satu bulan dihitung berdasarkan rata-rata upah yang diterima selama masa kerjanya. 

Selain itu, bagi pekerja/buruh yang upahnya ditetapkan sesuai satuan hasil, maka upah satu bulannya dihitung rata-rata upah 12 bulan terakhir sebelum hari raya keagamaan. 

"Khusus perusahaan yang menetapkan THR-nya dalam perjanjian kerja, Peraturan Perusahaan (PP), Perjanjian Kerja Bersama (PKB), ataupun kebiasaan memberikan lebih besar dari aturan Pemkab maka disesuaikan dengan yang menjadi kebiasaan di perusahaan itu," katanya. 

Sugeng juga mendorong pengusaha untuk membayarkan THR paling lambat tujuh hari sebelum lebaran. Lebih baiknya diberikan kepada pekerja/buruhnya sebelum jatuh tempo pembayaran THR. 

"Kami tunggu laporan pembayaran THR sesuai format yang dikirimkan. Bagi perusahaan yang tidak sanggup membayar THR maka harus segera melaporkan ke posko pengaduan di kantor Disnaker Jalan Dr. Wahidin Sudirohusodo Tuban," tandasnya. (Ali)

Tag : THR, Rumus THR, Disnaker Tuban, Lebaran



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat