17:00 . Manganan di Gedongombo Tuban : Berharap Tanaman Lebih Subur   |   16:00 . Tumpah Ruah 1.700 Warga Gedongombo Tuban Manganan di Makam Syeh Maulana Iskhak Al-Maghribi   |   15:00 . Persiapan Wukuf, Jemaah Haji Asal Tuban Mulai Geser ke Arafah   |   14:00 . Harga Bawang Putih di Tuban Naik Ikuti Bawang Merah, Hampir Setara Minyak Goreng Kemasan   |   13:00 . 10 Destinasi Wisata di Tuban Pas Banget Buat Liburan Idul Adha, Buruan Piknik!   |   12:00 . Meraup Cuan dari Usaha Tusuk Sate Jelang Idul Adha di Tuban   |   11:30 . Tusuk Sate Tuban, Usaha Keluarga Sejak 1987   |   11:00 . Ramalan Shio 7 Juli 2022: Bisa Jadi yang Kalian Butuhkan Adalah Healing!   |   10:30 . Bakal Tusuk Sate di Tuban Dijemur Sehari   |   10:00 . Lowongan Kerja Lulusan SMA hingga S1 Ada 10 Formasi di PT Indofood Group   |   09:30 . Kampung Tusuk Sate di Tuban   |   09:00 . Prestasi Tuban di Porprov Jatim VII Melesat, Mas Bupati Turun Langsung hingga Atlet Pecahkan Rekor   |   08:00 . 5 Butir Isi Perjanjian Hudaibiyah, Antara Kaum Muslim dan Quraisy   |   07:00 . Pengamen Badut Asal Jombang Diamankan Satpol PP Tuban, Peralatan Ngamennya Disita   |   06:00 . Kemendag Luncurkan MINYAKITA Rp14 Ribu per Liter, Lebih Murah dari Migor Curah di Tuban   |  
Thu, 07 July 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Jangan Asal Pilih, Ini Bedanya Legen Asli dan Oplosan

bloktuban.com | Saturday, 16 April 2022 13:00

Jangan Asal Pilih, Ini Bedanya Legen Asli dan Oplosan Ciri legen asli bebusa dan beraroma kuat. (Foto:Fhel/blokTuban.com)

Reporter : Fahril Elly

blokTuban.com - Legen merupakan minuman khas Kabupaten Tuban yang berasal dari getah pohon siwalan. Minumanm tersebut banyak ditemui di perbukitan kapur Tuban, seperti di Desa Tegalbang, Kecamatan Palang.

Menurut Suwardi (65) petani legen, bahwa minuman legen dapat dipanen setiap pagi dan sore. Selain memiliki rasa yang nikmat dan segar, legen berkhasiat menyembuhkan kencing batu, sehingga tak heran jika banyak orang mencarinya.

Namun, berbeda jika legen yang dikonsumsi merupakan legen yang sudah terkontaminasi oleh bahan lain. Ketika legen sudah tidak murni, maka rasa dan khasiatnya tidak akan dirasakan lagi. Legen yang sudah tidak murni biasanya disebut masyarakat sebagai legen oplosan.

Bahan yang digunakan legen oplosan biasanya berupa campuran air putih, air kelapa, penguat rasa, hingga bahan pengawet. Sekilas dari jauh nampak sama, tapi jika diamati lebih dekat legen asli dengan oplosan akan diketahui perbedaannya. 

Ciri legen asli memiliki warna lebih keruh dan berbusa. Apabila ditutup rapat selama setengah hari, maka akan meledak. Legen asli memiliki masa lebih pendek, yaitu tahan disimpan selama sehari.

Ketika penyimpanannya lebih dari sehari rasa, maka legen akan berubah masam. Selain itu, legen asli juga memiliki rasa yang khas manis murni seperti ada sodanya. 

Sedangkan legen oplosan cenderung berwarna lebih bening dan tidak berbusa. Kelebihan legen oplosan mampu bertahan dan disimpan lama dan tidak akan meledak. Untuk rasanya cenderung lebih tawar dan kurang manis dibanding yang asli.

“Biasanya saya kalau panen legen asli itu sudah pesanan orang dulu. Mereka yang sudah paham beli langsung dari pohonnya dengan kualitas yang murni karena tidak diolah terlebih dahulu jadi harus segera diminum,” ujar Suwardi kepada blokTuban.com, Sabtu (16/4/22)

Setelah mengetahui ciri legen asli dan oplosan, ada baiknya untuk lebih selektif berburu legen untuk buka puasa dan jangan sampai salah membelinya. [Fhel/Ali]

 

 

Tag : legen, minumas khas Tuban, kencing batu, perbukitan kapur



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat